Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk menunjang penampilan anda, terutama bagi anda kaum hawa. Maka tak heran jika wanita sering memberikan perhatian lebih untuk merawat dan menjaga keindahan mahkota mereka tersebut, salah satunya adalah dengan membuat rambut menjadi panjang. Namun disinilah masalah sering muncul, rambut yang panjang ternyata lebih mudah bercabang pada ujungnya, sehingga bisa merusak keindahan rambut. Jika sudah begini, maka tidak ada pilihan lain kecuali memotong rambut yang sudah susah-susah dipanjangkan.

rambut bercabang

Masalah rambut bercabang sebenarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan dan tak perlu terjadi kepada rambut anda jika anda mengenali dan memahami apa saja penyebab rambut bercabang. Rambut bercabang sendiri basanya terjadi karena:

  • Tubuh kekurangan cairan. Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) ternyata bisa mempengaruhi kesehatan rambut anda. Untuk itu, penuhilah kebutuhan cairan harian anda dengan cara mengkonsumsi minimal 2 liter air putih setiap hari.
  • Pengaruh cuaca. Membuat rambut anda terlalu lama dibawah panas matahari akan membuat rambut anda menjadi kering sehingga mudah bercabang.
  • Gesekan pada rambut. Apakah anda sering mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkannya pada handuk setelah mandi? Jika iya, maka segera hentikan kebiasaan tersebut karena bisa membuat rambut anda menjadi terlalu kering dan rusak.
  • Asupan nutrisi tubuh tidak seimbang. Selain harus memperhatikan cairan tubuh, asupan nutrisi tubuh pun juga harus selalu anda perhatikan. Jangan sampai anda kekurangan salah satu dari nutrisi-nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin, protein, mineral, dll.
  • Pengaruh bahan kimia Pewarna rambut, hair spray, toning, dan bahan-bahan kecantikan rambut lain ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut. Jadi, sebisa mungkin hindarkanlah rambut anda dari bahan-bahan yang tidak perlu karena belum tentu rambut anda bisa mentolelir bahan kimia yang terdapat dalam produk-produk tersebut.
Itulah tadi beberapa faktor yang bisa membuat rambut menjadi bercabang. Dengan mengetahui poin-poin diatas, anda sekarang pasti sudah tahu bagaimana cara untuk mencegah munculnya rambut bercabang. Namun bagi yang sudah terlanjur memiliki rambut bercabang, maka jangan khawatir. Berikut adalah 8 cara untuk mengatasi rambut yang bercabang.

  1. Lakukan Trim
    Mungkin inilah salah satu cara paling mudah dan efektif untuk mengatasi dan mencegah rambut bercabang, yaitu dengan cara memotong ujungnya. Usahakan untuk selalu memotong 2-3 cm ujung rambut anda setiap bulan. Cara ini berlaku terutama bagi anda yang ingin memanjangkan rambut namun tidak ingin rambutnya bercabang karena rambut panjang lebih beresiko mengalami pencabangan.

  2. Konsumsi Vitamin E
    Vitamin E adalah salah satu asupan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Jika asupan vitamin E dalam tubuh anda terjaga, maka kesehatan rambut pun juga akan terjaga. Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang berfungs untuk memelihara kulit dan rambut. Vitamin E sendiri dapat anda peroleh dari sayuran hijau, kacang-kacangan, mentega, kecambah, ataupun suplemen vitamin E yang banyak dijual di pasaran.

  3. Hindari Kolam Renang Umum
    Kolam renang umum biasanya menggunakan zat kaporit sebagai penjernih air kolam mereka. Pencampuran kaporit dapat menaikkan tingkat keasaman pada air kolam renang, sehingga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit dan rambut. Air berkaporit dapat membuat rambut kering sehingga mudah bercabang. Untuk itu, selalu bilas rambut dengan air bersih dan gunakan shampo setelah anda berenang di kolam renang umum.

  4. Gunakan Shampo dan Kondisioner
    Banyak wanita yang mengabaikan pentingnya penggunaan kondisioner bagi rambut mereka. Padahal memakai kondisioner setelah keramas dapat memberikan perlindungan tambahan bagi rambut apalagi bagi anda yang banyak beraktifitas di tempat-tempat yang tak bersahabat bagi rambut, di tempat ber AC misalnya.

  5. Gunakan Minyak zaitun
    Minyak zaitun dapat membantu menutrisi rambut anda, sehingga rambut akan tumbuh dengan sehat dan kuat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu anda tinggal mengoleskan minyak zaitun keseluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Diamkan rambut selama 15-20 menit, lalu bilas rambut dengan air bersih dan shampo.

  6. Jangan Biarkan Rambut Tertekan
    Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk seperti terlalu sering menggunakan sisir yang bergerigi rapat atau terlalu sering mengucir rambut mereka. Perlakuan-perlakuan tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rusak, bercabang, atau yang lebih parah lagi akan menimbulkan rambut rontok dan patah. Untuk itu, jangan terlalu sering menggunakan sisir rambut yang bergerigi rapat dan biarkan rambut anda tergerai bebas terutama saat tidur.

  7. Gunakan Seminimal Mungkin Alat Pemanas
    Beberapa jenis alat pemanas rambut seperti hairdryer, curling iron, dan catok dapat membuat rambut anda terlalu kering dan rapuh. Jadi gunakanlah alat-alat pengering rambut tersebut seminimal mungkin. Jika ingin mengeringkan rambut maka lebih baik diamkan rambut kering secara alami atau gunakanlah kipas angin.

  8. Gunakan Masker Rambut
    Masker rambut berfungsi untuk melindungi rambut bagian luar anda sehingga rambut akan selalu tampak mengkilap. Selain itu, menggunakan masker rambut juga terbukti dapat memperkuat rambut dan menghindarkan dari rambut kering dan bercabang. Anda dapat menggunakan masker rambut yang banyak beredar dipasaran atau bisa juga membuat masker rambut anda sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti alpukat atau mayonaise.

8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik