Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Mengalami masalah bau mulut yang tidak sedap memang sangat menyebalkan. Selain akan mengganggu orang lain yang ada di dekat kita, bau mulut juga akan mengganggu penampilan kita dihadapan orang lain sehingga membuat kita merasa tidak percaya diri. Bau mulut memanglah bukan sebuah penyakit, namun keberadaannya harus segara kita atasi karena dapat membuat orang lain kita dan diri sendiri merasa tidak nyaman saat bergaul.

menghilangkan bau mulut

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa jenis penyakit seperti radang tenggorokan, amandel, gangguan pencernaan dapat menjadi pemicu bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, beberapa jenis makanan juga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Selain karena penyakit dan makanan, bakteri yang bersembunyi di rongga mulut adalah penyebab paling umum dari bau mulut yang tidak sedap. Bakteri-bakteri yang bersembunyi di dalam rongga mulut ini memiliki kemampuan untuk membusukkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan memproduksi senyawa belerang yang mudah menguap. Itulah mengapa anda harus melakukan perawatan mulut yang tepat untuk membasmi bakteri-bakteri pembusuk pada rongga mulut ini. Karena faktanya, menggosok gigi dua kali sehari saja tidak cukup untuk menjaga agar mulut kita tetap segar sehingga akan terhindar dari bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap secara alami.

  1. Mengunyah Permen Karet
    Mengunyah permen karet ternyata juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bau mulut anda. Jika selama ini anda selalu makan permen manis setelah makan, maka segera gantikan kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet. Meskipun permen manis dapat membuat mulut anda terasa segar, namun efek segar tersebut hanya berlangsung sementara karena permen manis justru dapat membuat mulut anda kering. Sedangkan mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur di mulut anda sehingga mulut tidak kering. Selain itu, permen karet juga bisa menjadi pembersih gigi.

  2. Mengkonsumsi Buah-Buahan
    Mengkonsumsi buah yang kaya akan air dan berserat tinggi seperti apel dan pir ternyata sangat ampuh untuk mengusir bau mulut. Hal tersebut dikerenakan kedua buah tersebut dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga mulut tidak menjadi kering. Buah yang berserat tinggi juga dapat berfungsi sebagai pembersih alami bagi gigi. Selain apel dan pir, buah lemon dan jambu biji juga cukup ampuh untuk mengusir bau mulut yang tidak sedap.

  3. Berkumur Dengan Antiseptik
    Menggosok gigi dua kali sehari memang tidak cukup untuk menjaga kesehatan mulut kita. Untuk itu, usahakan untuk selalu berkumur dengan cairan antiseptik (obat kumur) setelah gosok gigi. Hal ini akan dilakukan agar mulut kita selalu terbebas dari bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Selain dengan obat kumur, berkumur dengan air garam juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut.

  4. Teh Hijau dan Daun Sirih
    Teh hijau dan daun sirih mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau dapat anda minum setiap hari karena selain dapat mengatasi bau mulut, teh hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk daun sirih, anda dapat merebus beberapa helai daunnya lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

  5. Hindari Makanan Berbau Menyengat
    Makanan yang anda konsumsi juga ikut mempengaruhi bau mulut anda. Untuk itu, jika ingin mulut terhindar dari bau yang tidak sedap, kita harus menjauhi makanan yang berbau menyengat seperti jengkol, petai, dan durian.

  6. Makan Keju
    Kandungan kalsium dan mineral fosfat yang cukup tinggi dalam keju ternyata dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut kita tidak akan terasa kering. Selain itu, keju juga bisa mencegah timbulnya karang gigi.

  7. Menjaga Kesehatan Mulut
    Hal ini dapat dilakukan dengan rajin menggosok gigi setelah makan, menggunakan obat kumur, sering mengkonsumsi air putih, serta jangan lupa untuk menggunakan pembersih lidah.

  8. Hindari Rokok dan Alkohol
    Rokok dan alkohol memang merupakan sumber penyakit. Selain dapat menimbulkan bau mulut, rokok juga dapat menimbulkan penyakit gusi, flek gigi, bahkan kanker mulut.

8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown