Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

9 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Buah berdaging putih dengan rasa manis dan kaya akan air ini memang menjadi favorit banyak orang. Buah pir sendiri sebenarnya terdiri dari 30 spesies, namun secara umum buah pir dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pir berkulit merah, hijau, dan kuning. Selain mempunyai rasa yang enak, buah pencuci mulut ini ternyata juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah pir banyak tumbuh di daerah dingin seperti daratan di Eropa, Amerika utara, dan Asia Timur.

Buah pir termasuk dalam genus Pyrus, ada 30 spesies dari genus Pyrus, namun pir Xinjiang (Pyrus sinkiangensis) adalah yang paling banyak diimpor di Indonesia. Buah pir terkenal karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, bahkan buah pir memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada apel. Selain serat, buah pir juga kaya akan kandungan berbagai vitamin dan mineral.

buah pir

Berikut adalah beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan:

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Buah pir memiliki efek laksatif yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan tubuh. Bahkan buah pir yang masih belum matang sering dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

  2. Menjaga Kesehatan Jantung
    Buah pir adalah sumber serat alami yang baik untuk kesehatan jantung. Serat sangat baik bagi kesehatan jantung karena mengkonsumsi cukup serat akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga resiko stroke dan serangan jantung dapat diminimalkan.

  3. Buah Untuk Diet
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buah pir adalah buah yang kaya akan serat. Kandungan serat yang cukup besar ini akan membuat kita cepat kenyang. Apalagi buah ini juga sangat rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet.

  4. Sebagai Sumber Vitamin
    Selain kandungan serat, buah pir juga kaya akan berbagai vitamin, terutama vitamin C dan Vitamin K. Kandungan berbagai vitamin ini memiliki banyak fungsi bagi tubuh seperti untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu proses pemecahan lemak, membentuk kolagen, serta mempengaruhi beberapa reaksi enzim dalam tubuh.

  5. Baik Untuk Penderita Diabetes
    Buah ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, rajin mengkonsumsi buah pir juga baik untuk megontrol kandungan gula dalam darah.

  6. Mencegah Penyakit Alzheimer
    Baru-baru ini, sebuah penelitian dari Cornell University membuktikan bahwa mengkonsumsi buah pir sangat baik untuk kesehatan otak. Hal tersebut dikarenakan buah pir memliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat menjaga kesehatan otak dan dapat mencegah gangguan-gangguan kesehatan pada otak seperti penyakit alzheimer.

  7. Mengatasi Hipertensi
    Buah pir selain banyak mengandung vitamin dan serat, ternyata juga kaya akan berbagai kandungan mineral. Mineral-mineral yang terkandung dalam buah pir antara lain magnesium, kalium, dan kronium yang dapat menormalkan tekanan darah dalam tubuh

  8. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Buah pir adalah salah satu buah sumber vitamin C yang sangat penting. Kandungan vitamin C ini terutama paling banyak terkandung dalam kulit buahnya. Untuk itu, jangan kupas buah pir jika ingin merasakan manfaat seutuhnya dari buah ini.

  9. Menurunkan Resiko Kanker
    Pir mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Asam florogenat adalah salah satu senyawa aktif dalam buah pir yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai radikal bebas termasuk radikal bebas penyebab kanker. Selain itu kandungan serat dan magnesium dalam buah ini juga terbukti dapat  menurunkan resiko terkena kanker usus besar (colon).

9 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik