11 Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui

Siapa yang tidak tahu daun kemangi. Daun yang memiliki aroma yang khas ini biasanya tumbuh di pagar-pagar dan sering dimanfaatkan sebagai lalapan untuk teman makan. Selain sebagai lalapan, daun kemangi biasanya juga digunakan untuk campuran pepes ikan karena akan mengeluarkan aroma dan rasa yang khas saat dibakar.

Walaupun daun ini tidak banyak disukai orang karena baunya yang tajam dan rasanya yang sepat, namun ternyata daun kemangi menyimpan kandungan berbagai nutrisi yang cukup tinggi. Vitamin A adalah zat yang paling banyak terkandung dalam daun kemangi. Selain Vitamin A, kemangi juga kaya akan berbagai mineral penting seperti kalsium, besi, fosfor, magnesium, serta terdapat juga kandungan vitamin C dan betakaroten.

daun kemangi

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah tersebut, maka tak heran jika daun kemangi sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat daun kemangi bagi kesehatan:

  1. Mencegah Kemandulan
    Daun kemangi ternyata dapat berfungsi untuk mencegah kemandulan terutama pada pria. Kemangi memiliki kandungan senyawa arginine yang cukup tinggi yang berkhasiat untuk memperpanjang usia hidup dan memperkuat daya tahan sperma. Selain itu, daun kemangi juga merangsang produksi hormon estrogen dan progesteron pada wanita.

  2. Meredakan Diare dan Masalah Pencernaan Lain
    Daun kemangi terbukti dapat meredakan beberapa gangguan pencernaan ringan seperti diare, perut mual, sembelit, cacingan, hingga maag. Biasakanlah untuk selalu memakan daun kemangi setiap sarapan atau meminum air rebusan daun kemangi jika anda ingin terhindar dari masalah-masalah pencernaan tersebut.

  3. Menghilangkan Komedo
    Siapa sangka jika daun kemangi ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan yang satu ini. Caranya adalah dengan membuat daun kemangi sebagai masker. Pertama, tumbuk beberapa helai daun kemangi lalu oleskan pada wajah dan diamkan 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air sampai bersih. Selain dapat menghilangkan komedo, masker daun kemangi juga dapat membuat wajah anda lebih cerah dan sehat.

  4. Memproduksi Minyak Atsiri
    Daun kemangi termasuk salah satu penghasil minyak atsiri berkualitas tinggi. Minyak atsiri sendiri biasanya digunakan untuk pijat dan aromaterapi.

  5. Melancarkan Peredaran Darah
    Kandungan magnesium serta sebagian senyawa sineol yang terkandung dalam daun kemangi berfungsi untuk melebarkan pembuluh nadi serta menjaga kestabilan denyut jantung agar aliran darah diseluruh tubuh menjadi lancar.

  6. Mengatasi Bau Badan dan Mulut
    Cukup dengan mengkonsumsi paling tidak 10 lembar daun kemangi setiap hari, maka masalah bau mulut dan bau badan anda akan berangsur-angsur menghilang. Namun bagi anda yang tidak terlalu menyukai aroma dan rasa kemangi, anda dapat meminum air rebusan daun kemangi yang dicampur dengan madu atau gula merah (gula jawa).

  7. Mengatasi Sariawan dan Panas Dalam
    Mengunyah segenggam daun kemangi mentah dan rutin meminum air sari daun kemangi akan dapat meredakan keluhan sariawan dan panas dalam anda. Hal tersebut disebabkan karena kandungan vitamin C serta kandungan berbagai senyawa kimia yang terdapat dalam getah kemangi yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sariawan dan panas dalam.

  8. Meningkatkan Imunitas
    Memakan daun kemangi setiap hari akan membuat daya tahan tubuh kita semakin kuat. Selain karena adanya kandungan vitamin C, kemangi juga mengandung betakaroten yang dapat merangsang produksi antibodi tubuh sehingga daya tahan tubuh akan semakin kuat. Zat betakaroten juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

  9. Mengatasi Kembung dan Masuk Angin
    Orang Jawa sudah sejak lama menggunakan campuran minyak kayu putih, bawang merah, dan daun kemangi untuk mengobati kembung dan masuk angin. Caranya adalah dengan mengiris kecil-kecil bawang merah, campur dengan minyak putih dan air perasan kemangi, lalu oleskan pada perut dan punggung.

  10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
    Satu hal yang mungkin tak banyak diketahui orang tentang daun kemangi adalah kandungan berbagai mineralnya yang cukup tinggi. Mineral-mineral yang banyak terkandung dalam daun kemangi tersebut terutama adalah fosfor dan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

  11. Menangkal Radikal Bebas
    Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, daun kemangi ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan berbagai radikal bebas penyebab berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.