Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Memiliki rambut rontok tentunya sangat menyebalkan, apalagi jika kita memiliki rambut yang sudah panjang. Selain mengganggu penampilan, rambut rontok juga menunjukkan adanya gangguan kesehatan pada penderitanya. Itulah mengapa banyak orang rela membayar mahal untuk membuat rambutnya kembali normal dan tidak rontok lagi.

rambut rontok

Rambut rontok sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu sering menggunakan pemanas rambut atau munculnya ketombe pada kulit kepala. Kesalahan dalam memilih jenis sampo serta stres juga bisa memperparah masalah rambut rontok anda. Biasanya rambut rontok ini diderita oleh mereka yang berusia dewasa. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi rambut rontok secara alami dan tentu saja murah meriah sehingga anda tak perlu membeli produk perawatan rambut yang mahal lagi.

  1. Memijat Kulit Kepala

    Tips pertama yang bisa anda praktekkan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara memijat kulit kepala anda. Cara ini selain mudah, juga sangat baik untuk dilakukan karena memijak kulit kepala setiap hari dapat membantu merangsang sirkulasi darah pada kulit kepala anda dan juga folike rambut. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menggunakan minyak essensial secukupnya untuk membantu rambut anda terangsang agar cepat tumbuh.

  2. Menggunakan Minyak Zaitun dan Jojoba

    Banyak yang mengira bahwa melakukan perawatan rambut menggunakan minyak malah akan membuat rambut anda semakin berketombe. Namun ternyata jika anda melakukannya dengan tepat, maka rambut anda akan terbebas dari ketombe dan menjadi semakin kuat. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak jojoba dengan cara memanaskan minyak tersebut di microwave, namun jangan terlalu panas. Anda bisa mengusapkannya pada rambut anda sambil memberi sedikit pijatan. Setelah itu, anda bisa menutup kepala anda dengan shower cap dan membiarkannya selama satu jam. Setelah itu anda bisa membilasnya menggunakan shampoo sampai bersih.

  3. Menggunakan Jus Bawang dan Jahe

    Cara ketiga adalah dengan meminum jus campuran bawang putih dan jahe. Kelihatannya agak menyeramkan memang, tapi kalaupun anda tidak ingin meminumnya, anda bisa menggunakan jus bawang putih dan jahe ini sebagai sampo untuk kulit kepala anda. Yang harus anda lakukan hanyalah mendiamkan ramuan ini selama sepuluh sampai lima belas menit, setelah itu pijit-pijit pelan kulit kepala anda sebelum kemudian dibilas dengan air sampai bersih.

  4. Menggunakan Teh Hijau

    Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Selain dengan cara meminum teh hijau yang memang mengandung banyak antioksidan, anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai shampo. Caranya adalah dengan menyeduh dua kantung teh hijau dalam satu gelas dan gunakan cairannya untuk keramas. Setelah itu anda bisa membilasnya sampai bersih.

  5. Menggunakan Kemiri

    Kemiri juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok anda. Caranya adalah anda cukup menumbuk kasar kemiri lalu sangrai (goreng tanpa minyak) sampai warnanya sedikit berubah. Setelah itu, tumbuk kemiri yang sudah disangrai tadi sampai benar-benar halus, maka akan keluar minyak dari kemiri tadi. Nah, minyak kemiri inilah yang bisa anda gunakan untuk dioleskan ke kulit kepala anda. Setelah anda diamkan minyak kemiri ini selama dua puluh menit di kepala anda, bilas kepala anda sampai benar-benar bersih menggunakan sampo.

  6. Menggunakan Alpukat

    Anda juga bisa menggunakan alpukat sebagai salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok, yaitu dengan cara menggunakannya sebagai masker untuk menutrisi rambut anda yang rontok sebagai perawatan harian. Caranya adalah harus melumatkan alpukat yang sudah benar-benar matang, lalu hancurkan sampai menjadi sangat lebut atau menjadi seperti pasta. Setelah itu, anda harus mengoleskan alpukat tersebut secara merata ke seluruh kulit kepala dan seluruh bagian rambut anda, mulai dari akar sampai ujung rambut. Setelah itu anda bisa mendiamkannya kurang lebih setengah jam, lalu bilas rambut anda menggunakan air sampai benar-benar bersih.

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik