Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

7 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Rambut yang sehat dan indah tentu saja juga akan menunjang penampilan kita. Maka tak heran jika banyak orang, terutama kaum wanita, selalu menginginkan rambut yang indah dan sehat sempurna sehingga akan membuat semakin percaya diri. Tidak sedikit juga orang-orang yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk membeli produk-produk perawatan rambut guna mendapatkan rambut yang mereka inginkan.

rambut kering

Khusus bagi anda yang memiliki rambut panjang, salah satu masalah utama yang sering dihadapi adalah munculnya rambut yang kering. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara-cara yang mudah asal dilakukan dengan telaten dan berkelanjutan. Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi rambut kering secara alami yang bisa anda praktekkan di rumah sehingga anda tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk merawat rambut anda.

  1. Alpukat adalah salah satu jenis buah yang sangat kaya akan manfaat, termasuk untuk mengatasi rambut kering. Caranya adalah dengan menghaluskan daging buah alpukat sampai berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut dari mulai kulit kepala hingga ujung rambut. Setelah itu, diamkan rambut selama sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

  2. Selain buah alpukat, buah lemon juga bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut yang kering. Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok jus lemon dengan dengan satu sendok madu (atau kelipatannya dengan perbandingan yang sama). Setelah dua bahan tadi tercampur, oleskan keseluruh bagian rambut dari mulai akar sampai ujung rambut. Kemudian tutupi rambut dengan handuk hangat dan biarkan hingga sekitar satu jam, lalu bilas rambut dengan air bersih.

  3. Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut yang kering adalah dengan tidak keramas menggunakan shampo rambut terlalu sering. Menyampo rambut terlalu sering akan membuat minyak alami yang ada di rambut semakin berkurang sehingga kelembaban rambut akan berkurang dan menjadi sebab utama munculnya rambut kering. Untuk itu disarankan untuk keramas menggunakan shampo setiap dua atau tiga hari sekali agar rambut tidak kering.

  4. Rambut kering biasanya juga akan menimbulkan masalah rambut lain, seperti ketombe, rambut rontok, atau bercabang. Maka dari itu, anda harus berhati-hati dalam mengatasi rambut agar tidak cepat rusak. Caranya adalah dengan keramas secara berhati-hati. Disarankan untuk menggosok rambut dengan lembut dan jangan menarik atau meregangkan rambut dengan menggunakan gulingan. Tidak disarankan juga untuk menggosok kulit kepala dengan kuku jari karena bisa mematahkan rambut dan juga membuat kulit kepala menjadi teriritasi. Untuk merawat rambut dan kulit kepala anda, anda bisa melakukannya dengan memijat secara perlahan kepala anda dengan menggunakan ujung jari. Hindari menyisir rambut ketika rambut masih basah dan pilih sisir yang lembut.

  5. Menggunakan kondisioner adalah salah satu cara mengatasi rambut secara alami. Cari kondisioner yang tidak mengandung alkohol karena alcohol dapat membuat rambut anda menjadi semakin kering. Anda juga bisa menggunakan body lotion dengan cara mengoleskannya setelah berkeramas sebelum tidur. Setelah itu anda bisa menutup kepala menggunakan shower cap selama tidur dan di pagi harinya bilas sampai bersih.

  6. Anda juga bisa menggunakan telur sebagai salah satu cara mengatasi rambut kering secara alami. Caranya adalah dengan mencampur sebutir telur dengan setengah cangkir air hangat. Setelah itu aduk dengan baik dan oleskan ke rambut anda secara merata. Setalah itu anda bisa membilasnya menggunakan air hangat sampai bersih. Selain bisa membuat rambut anda semakin bersih dan bebas dari rambut kering, telur juga bisa membuat rambut anda semakin berkilau.

  7. Cara yang lainnya adalah dengan menghindari panas, terutama menggunakan hot roller atau hot comb akan membuat rambut anda menjadi kering. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunkana alat-alat ini. Jika anda menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut anda, maka anda bisa menyetel hair dryer hingga panas yang paling kecil dan jangan pernah menarik atau meregangkan rambut anda saat rambut sedang terpapar panas karena karena akan membuat rambut anda semakin kering.

7 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown