Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

8 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel (Daucus carota) adalah salah satu sayuran berbentuk umbi yang banyak digemari dan sangat kaya akan manfaat. Sayuran berwarna jingga ini bisanya dimanfaatkan sebagai campuran sayur atau diolah menjadi jus wortel yang kandungan vitaminnya masih tetap sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

manfaat wortel

Kandungan nutrisi pada wortel didominasi oleh Vitamin A dan Vitamin C. Selain kedua vitamin tersebut, wortel juga memiliki beberapa kandungan nutrisi lain seperti kalisum, zat besi, dan Beta Karoten. Vitamin A sendiri merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi 600-700 mikrogram Vitamin A per hari. Kebutuhan vitamin A harian tersebut dapat dengan mudah kita penuhi jika kita rutin mengkonsumsi wortel, karena wortel mengandung vitamin A yang cukup melimpah.

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh jika mengkonsumsi wortel.

1. Mencegah Kemandulan dan Menjaga Kesehatan Mata
Tak diragukan lagi bahwa kandungan Vitamin E dan Vitamin A yang tinggi pada wortel dapat mengurangi kemungkinan kemandulan serta dapat menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah Diabetes
Wortel mengandung zat karotenoit yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Zat karotenoit juga dapat mempengaruhi produksi insulin sehingga gula darah dapat lebih terkontrol.

3. Memperlancar Pencernaan
Sama seperti sayur-sayuran dan buah-buahan lainnya, wortel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang berguna untuk memperlancar pencernaan pada tubuh. Selain serat, minyak wortel juga terbukti memiliki banyak khasiat bagi kesehatan organ-organ pencernaan.

4. Mencegah Penyakit Stroke
Penelitian dari Harvard University menunjukkan bahwa kandungan betakaroten yang cukup tinggi dalam wortel ternyata dapat menurunkan resiko seseorang terserang stroke. Hal ini disebabkan karena zat betakaroten memiliki fungsi untuk mencegah penggumpalan kolesterol dalam pembuluh darah. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan kemungkinan terserang stroke menjadi semakin kecil.

5. Menjaga Kesehatan Mulut
Mengunyah wortel segar dapat menjadi pembersih alami bagi bagi mulut anda. Hal tersebut dikarenakan mengunyah wortel dapat membersihkan sisa makanan yang masih tersisa di sela-sela gigi anda. Selain itu, wortel juga mempunyai sifat antiseptik yang dapat membunuh kuman sehingga mulut akan terhindar dari berbagai kerusakan serta bau mulut.

6. Menangkal Radikal Bebas
Kandungan Betakaroten serta Vitamin A yang tinggi dalam wortel membuatnya berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Sifat antioksidan ini membuat wortel berfungsi sebagai penangkal berbagai radikal bebas seperti polusi yang dapat mempercepat efek penuaan dini pada kulit. Antioksidan dalam wortel juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan dan Menghaluskan Kulit
Selain karena kandungan Vitamin E nya yang membuat wortel baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit, parutan wortel ternyata juga baik untuk digunakan sebagai masker. Masker dari parutan wortel ini dapat menghindarkan kulit dari efek buruk sinar matahari serta polusi. Menggunakan masker dari parutan wortel juga dapat berfungsi untuk menghaluskan kulit serta dapat menghilangkan bekas luka pada permukaan kulit.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu suplemen penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain karena kandungan vitamin C nya, wortel serta sayur-sayuran berwarna oranye lainnya ternyata memiliki kandungan alpha dan beta carotene yang cukup tinggi. Alpha dan beta karoten sendiri adalah salah satu senyawa kimia yang berguna untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat megganggu kesehatan tubuh.

8 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik