Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

7 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Menjaga kesehatan dapat kita mulai dari hal yang paling kecil. Jangan pernah menyepelekan satu pun masalah kesehatan karena penyakit bisa datang dari mana saja. Gangguan kesehatan yang kita alami kadang juga akan mempengaruhi penampilan kita, seperti misalnya gangguan kesehatan di daerah mulut. Mulut adalah salah satu pintu gerbang terbesar masuknya benda-benda asing ke dalam tubuh kita, termasuk kuman, bakteri, ataupun bibit penyakit. Gangguan-gangguan kesehatan di daerah mulut sebenarnya bisa kita cegah dengan cara membuang kebiasaan-kebiasaan jelek yang sering kita lakukan. Salah satu contoh gangguan kesehatan yang paling sering dijumpai di daerah gigi dan mulut adalah gigi yang berwarna kuning.

memutihkan gigi


Gigi yang berwarna kuning tentu saja akan sangat mengganggu penampilan kita dan bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri dihadapan orang lain. Untuk itu, berikut akan saya sampaikan 7 cara mudah memutihkan gigi yang kuning menggunakan bahan-bahan alami yang mudah di dapat tanpa perlu megeluarkan banyak biaya.

  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memutihkan gigi yang kuning adalah dengan meminum banyak air putih. Air putih bukan hanya berfungsi untuk menghilangkan dahaga, lebih dari itu, meminum banyak air putih adalah salah satu cara paling mudah untuk mencegah gigi kita menjadi kuning. Hal ini dikarenakan jika dibandingkan dengan kopi, teh, dan minuman ringan lainnya, air putih tidak mengandung zat pewarna yang bisa membuat gigi anda terlihat kusam dan kotor. Tidak ada salahnya untuk meminum minuman yang berwarna, hanya saja usahakan untuk tetap mengutamakan minum air putih.

  2. Menggunakan obat kumur juga menjadi salah satu cara untuk memutihkan gigi yang kuning. Dengan membiasakan menggunakan obat kumur, dengan otomatis anda bisa menjaga gigi anda agar tetap bersih dan terbebas dari bakteri serta bisa membuat nafas semakin segar. Namun tentu saja anda harus memilih obat kumur yang tidak memiliki warna atau berwarna bening. Karena warna pada obat kumur yang anda pakai lama-kelamaan juga akan mempengaruhi warna gigi anda. Selain menggunakan obat kumur, jangan lupa juga untuk rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari atau untuk lebih baiknya usahakan untuk sikat gigi setiap sehabis makan dan sebelum tidur.

  3. Cara ketiga adalah kita harus selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi. Beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran seperti apel, wortel, kembang kol, dan juga seledri sudah terbukti dapat menjaga kesehatan mulut kita karena kandungan gizi dan seratnya. Jika anda suka makan snack, maka pilihan snack yang mengandung banyak serat, karena serat yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi juga dapat membersihkan gigi kita.

  4. Selain sayuran dan buah-buahan, mengkonsumsi keju ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan gigi anda. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi dalam keju ternyata sangat baik untuk menjaga kekuatan dan warna alami pada gigi kita.

  5. Cara lain yang menurut saya paling mudah untuk memutihkan gigi yang kuning adalah dengan menggunakan baking soda. Caranya mudah, yaitu anda hanya tinggal mengoleskan baking soda secara merata di permukaan gigi. Setelah itu, anda biarkan saja selama sepuluh menit, lalu anda harus membilasnya dengan sikat gigi. Namun yang perlu dicatat, cara ini cukup beresiko karena baking soda dapat merusak lapisan email gigi anda dan bila terlalu sering dilakukan, gigi anda akan menjadi keropos. Jadi untuk amannya, anda bisa melakukan cara ini antara satu atau dua bulan sekali dengan dosis yang wajar.

  6. Cara lain yang terbukti ampuh dan mudah dilakukan untuk mengatasi gigi yang kuning adalah adalah dengan menggunakan kulit lemon. Caranya adalah dengan mengoleskan kulit lemon yang sudah dihaluskan pada permukaan gigi dan biarkan selama lima menit. Setelah itu bilas juga dengan sikat gigi. Selain mudah, cara ini juga lebih aman dilakukan daripada menggunakan baking soda.

  7. Cara ketujuh sekaligus yang terakhir yang bisa anda lakukan untuk memutihkan gigi kuning atau lebih tepatnya untuk mencegah gigi menjadi kuning adalah dengan menjauhi rokok dan kopi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ampas yang terdapat pada kopi dan tar yang terdapat pada rokok dapat membuat gigi anda menjadi kuning dan terlihat kotor.

7 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik