Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

10 Manfaat Buah Semangka yang Jarang Diketahui

Semangka (Citrullus lanatus) adalah salah satu buah yang digemari banyak orang. Daging buahnya yang berwarna merah segar dengan kandungan airnya yang tinggi dan rasanya yang manis membuat buah ini memiliki banyak penggemar. Selain daging buahnya, biji semangka juga biasa dimanfaatkan menjadi kwaci. Buah Semangka juga sangat baik untuk dikonsumsi karena berbagai manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan.

manfaat semangka

Buah semangka mengandung berbagai jenis nutrisi dan senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Semangka adalah buah yang kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. Selain antioksidan, buah semangka juga kaya akan Vitamin C, B, A, Kalium, magnesium, zinc, senyawa lycopene, dan karotenoid. Semangka juga merupakan buah kaya serat dan rendah lemak yang sangat cocok dijadikan sebagai pilihan makanan rendah kalori.

Berikut adalah beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan yang jarang kita ketahui.

  1. Makanan Untuk Diet
    Adanya kandungan serat dalam semangka bisa membuat sistem pencernaan anda menjadi lebih lancar. Selain itu, semangka juga termasuk makanan rendah kalori. Dalam seratus gram daging buah semangka hanya terdapat 40-50 kalori.

  2. Mengurangi Bau Mulut
    Kandungan air dan serat yang cukup banyak dalam semangka membuat buah ini bisa menjadi pembersih alami bagi gigi dan mulut, sehingga bisa mengurangi bau mulut.

  3. Mencegah Kulit Berminyak
    Kandungan Vitamin A dalam semangka memiliki fungsi untuk mengecilkan ukuran pori-pori kulit serta megurangi produksi minyak tubuh pada kelenjar minyak.

  4. Mengurangi Tekanan Darah
    Adanya kandungan kalium dan magnesium dalam semangka membuat buah ini cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Zat kalium dan magnesium yang terutama terdapat dalam daging bagian putih semangka memiliki fungsi untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah.

  5. Memaksimalkan Kerja Jantung
    Buah semangka memiliki kandungan senyawa Lypocene dan asam amino yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Asam amino yang terdapat dalam semangka memiliki fungsi untuk mencegah kontraksi pada pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

  6. Mencegah Dehidrasi
    Sebuah penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi semangka setelah atau sebelum tidur dapat menghindarkan kita dari dehidrasi. Semangka sendiri terdiri dari 90% air serta mamiliki kandungan zat elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tidur.

  7. Menjaga Kesehatan Ginjal
    Zat kalium yang terkandung dalam semangka memiliki kemampuan untuk membersihkan berbagai macam racun yang terdapat dalam ginjal. Mengkonsumsi semangka juga dianjurkan bagi anda yang mengalami masalah dengan gangguan kandung kemih atau batu ginjal.

  8. Mencegah Kanker
    Antioksidan yang terdapat dalam semangka memiliki fungsi untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat mengancam tubuh, termasuk radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, zat Lypocene yang terdapat dalam buah ini juga berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker dan memperbaiki jaringan tubuh yang abnormal.

  9. Mencegah Penyakit Diabetes
    Bagi para penderita diabetes yang menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, buah semangka mungkin bisa dijadikan pilihan alternatif pengganti gula. Meskipun memiliki rasa yang sangat manis, buah semangka ternyata mengandung kadar gula yang cukup rendah. Selain itu, kandungan berbagai nutrisi dan antioksidan dalam semangka ternyata juga dapat berfungsi untuk mengatur produksi insulin dalam tubuh sehingga tingkat gula dalam darah dapat diturunkan.

  10. Menjaga Kesehatan Mata
    Buah semangka memiliki kandungan beta karoten, vitamin C, dan Lutein yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi buah semangka juga akan menurunkan resiko terkena Degenerasi makula, yaitu salah satu gangguan mata yang menyebabkan berkurangnya fungsi penglihatan terutama pada lansia. Kandungan antioksidan dalam buah ini juga mempunyai fungsi untuk melindungi mata dari berbagai gangguan lain seperti rabun senja, pengeringan air mata, dan glaukoma.

10 Manfaat Buah Semangka yang Jarang Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik