Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

8 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jambu biji adalah buah yang bisa di ditemukan di berbagai tempat. Anda bahkan tak perlu membeli buah ini di toko buah kerena pohon jambu biji bisa tumbuh di pekarangan anda tanpa harus diberi perawatan khusus. Jika dilihat dari warna daging buahnya, jambu biji bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu jambu biji merah dan jambu biji putih. Baik jambu biji yang mempunyai daging merah atau putih, keduanya sama-sama memiliki kandungan gizi berupa Vitamin A, Vitamin C, serta serat yang sangat melimpah dan bermanfaat untuk kesehatan anda.

jambu biji

Beberapa orang mungkin ada enggan mengkonsumsi jambu biji karena anggapan bahwa bijinya bisa menimbulkan penyakit usus buntu. Namun jangan khawatir, anda bisa menysiasati hal ini dengan menjadikan jambu biji sebagai jus. Selain itu, sekarang juga sudah ada varietas baru jambu biji yang tidak memiliki biji, sehingga anda bisa tetap mendapatkan manfaat jambu biji tanpa perlu khawatir dengan bijinya.

Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh anda.

  1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
    Sebuah penelitian dari United State Department of Agriculture (USDA) menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji sebanyak 0,5-1 kg per hari selama satu bulan dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung hingga 15%. Hal tersebut disebabkan karena kandungan antioksidan seperti zat kalium dan likopen yang tinggi dalam buah ini. Zat kalium sendiri adalah salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan serta kolesterol dalam darah. Sedangkan zat likopen adalah zat yang sama yang terdapat dalam daun sirsak yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker rongga mulut, tenggorokan, usus, serta dubur.

  2. Kesehatan Kulit
    Jambu biji adalah buah yang sangat kaya akan vitamin. Jika dibandingkan dengan buah jeruk nipis, maka jambu biji mengandung empat kali lebih banyak vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung Vitamin A dan E yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui, vitamin-vitamin tersebut berguna dalam proses peremajaan kulit sehingga kulit akan tampak mulus dan awet muda serta terbebas dari kulit kering dan keriput.

  3. Mengobati Flu dan Batuk
    Seperti yang sudah kita ketahui, jambu biji ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk flu dan batuk. Mengkonsumsi jambu biji setiap hari dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokkan, membunuh virus dan mikroba, serta melonggarkan pernapasan pada penderita flu.

  4. Mengobati Sembelit
    Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat tinggi, jambu biji juga kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan. Mengkonsumsi jambu biji secara teratur dapat melancarkan pencernaan kita, sehingga kita akan terbebas dari perut sembelit serta beberapa masalah pencernaan lain.

  5. Buah Untuk Diet
    Buah jambu biji ternyata sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Buah ini mengandung serat dan protein yang sangat tinggi dan tanpa kolesterol sehingga anda akan merasa cepat kenyang tanpa harus mengorbankan program diet anda. Selain itu, buah jambu biji juga mempunyai kemampuan untuk membersihkan sistem pembuangan dalam usus.
Selain Buahnya, daun jambu biji ternyata juga mengandung sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Mengatasi Diare
    Daun jambu biji memang sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit diare. Caranya pun juga cukup mudah, yaitu dengan mengunyah tiga lembar daun jambu biji muda yang masih segar dengan sedikit garam. Lakukan cara ini paling tidak dua kali sehari selama anda masih diare.

  2. Mengobati Luka Luar
    Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun jambu biji hingga halus dengan sedikit air, lalu tempelkan pada daerah yang mengalami luka sayatan atau memar. Daun jambu biji akan mencegah terjadinya infeksi pada luka serta mengurangi peradangan sehingga luka akan cepat mengering dan sembuh serta bekas luka juga akan cepat hilang.

  3. Mengobati Sariawan
    Caranya adalah dengan merebus enam lembar daun jambu biji muda dan dua lembar daun sirih dalam tiga gelas air. Setelah air kira-kira tinggal tersisa dua gelas, maka diamkan hingga dingin lalu gunakan untuk berkumur.

8 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik