Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

6 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih atau yang memiliki nama latin Piper betle L adalah tanaman obat yang aslinya berasal dari Indonesia dan sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang sangat bermanfaat untuk obat berbagai macam penyakit. Tanaman ini biasanya tumbuh merambat atau bersandar pada pohon lain. tanaman ini bisa mencapai tinggi lima belas cm dan memiliki batang yang berwarna cojlat kehijauan dengan berbentuk bulat dan juga beruas.

manfaat daun sirih

Tanaman sirih mudah dikenali dengan daunnya yang tunggal dan berbentuk seperti jantung dengan ujungnya yang runcing dan tumbuh berselang sealing. Daun sirih ini juga mengeluarkan bau yang sedap jika diremas. Biasanya kita sering menemukan banyak orang tua yang menyunyah daun sirih ini bersama dengan gambir, pinang, dan juga kapur atau yang biasa disebut nginang. Berikut adalah beberapa manfaat daun sirih yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

  • Mengobati Diare

    Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati diare. Caranya adalah dengan menggunakan empat sampai enam lembar daun sirih dan juga enam biji merica serta satu sendok makan minyak kelapa. Setelah itu, tumbuk bahan-bahan tersebut secara bersamaan lalu oleskan bahan-bahan yang sudah ditumbuk halus tadi pada perut anda. Lakukan sampai sakit diare yang anda derita sembuh sehinga anda tidak perlu lagi menggunakan obat-obatan.
  • Mengobati Alergi

    Manfaat yang kedua dari daun sirih adalah untuk mengobati gatal-gatal karena alergi. Caranya mudah yaitu anda tinggal mengambil enam buah daun sirih, lalu tambah dengan satu potongan jahe kuning lalu ditambah dengan satu setengah sendok teh minyak kayu putih. Setelah itu anda campur dan tumbuk sampai bahan-bahan tersebut halus dan gosokkan pada bagian tubuh anda yang gatal.
  • Menghilangkan Bau Mulut

    Mengunyah daun sirih ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi dan juga bakteri mulut. Caranya adalah dengan mencuci daun sirih lalu kunyah daun sirih tersebut dan biarkan selama beberapa menit berada di dalam mulut lalu buang. Jika anda melakukannya secara rutin yaitu dua kali sehari maka bau mulut anda bisa hilang. Bisa juga melakukannya dengan berkumur. Caranya adalah merebus lima sampai enam daun sirih yang ditambah dengan dua gelas air mendidih. Setelah itu anda tunggu sampai dingin dan gunakan untuk berkumur pada pagi dan juga sore hari sehingga anda akan segera terbebas dari bau mulut.
  • Mengobati Pembengkakan Gusi

    Bagi anda yang menderita pembengkakan gusi, daun sirih mungkin akan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menggunakan lima sampai enam lembar daun sirih lalu rebus menggunakan tiga gelas air sampai mendidih. Setelah itu saring dan tambahkan garam. Jika anda menggunakannya untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari secara rutin maka penyakit anda akan segera sembuh.
  • Mengobati Radang Tenggorokan

    Selain bermanfaat untuk mengobati pembengkakan gusi, daun sirih ternyata juga berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya adalah dengan merendam tiga lembar daun sirih pada satu gelas air panas. Setelah itu tunggu sampai airnya dingin dan gunakan air randaman tersebut untuk berkumur dengan kepala yang menengadah ke atas sampai air betul-betul sampai di pangkal tenggorokan. Anda bisa melakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari.
  • Mengatasi Bronkitis

    Selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mulut, daun sirih juga dapat bermanfaat untuk mengatasi penyakit bronkitis. Caranya adalah dengan merebus 6-7 lembar daun sirih dalam dua gelas air. Lalu rebus daun sirih tersebut sampai airnya hanya tinggal satu gelas saja. Setelah itu campurkan air rebusan daun sirih tadi dengan gula. Minum ramuan daun sirih ini paling tidak setengah gelas tiap hari.

6 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik