Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

10 Cara Sederhana Menghilangkan Bekas Luka

bekas luka
Kulit yang mulus tanpa cacat adalah dambaan bagi setiap orang, terutama bagi kaum hawa. Untuk mendapatkan kulit yang sempurna, mungkin bisa kita usahakan dengan rajin memakai krim pemutih, luluran, dan beberapa jenis perawatan kulit lainnya. Namun kadang bekas luka yang datang secara tak terduga bisa sangat mengganggu penampilan bagian tubuh terluar kita ini.

Luka akibat terbakar, jatuh, atau luka bekas jerawat dan cacar air mungkin hanya akan menimbulkan rasa sakit untuk sementara waktu, namun bekas luka yang ditimbulkan bisa sangat sulit untuk disingkirkan. Tapi jangan khawatir, setiap masalah pasti selalu ada solusinya.Berikut adalah 10 cara sederhana untuk menghilangkan bekas luka yang saya rangkum dari beberapa sumber.

  • Minyak Kelapa atau Zaitun. Caranya cukup simpel. Anda tinggal mengoleskan minyak kelapa atau minyak zaitun ke bekas luka yang ingin dihilangkan sambil dipijat perlahan. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk menyamarkan bekas luka, meskipun tidak sampai menghilangkan sepenuhnya.
  • Bawang Merah. Oleskan bawang merah yang sudah diparut/ditumbuk halus ke bagian tubuh yang ada bekas lukanya. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Cara menghilangkan bekas luka dengan parutan bawang merah ini sangat cocok untuk digunakan pada bekas luka bakar, bisul, dan keloid.
  • Lidah Buaya (Aloe Vera). Cuci bersih daun lidah buaya yang masih segar. Setelah itu kupas kulitnya yang berwarna hijau dan ambil dagingnya yang berwarna putih transparan. 
  • Buah Pare. Tumbuk buah pare hingga halus, kemudian peras hingga keluar airnya. Campur air perasan buah pare tadi dengan tepung secukupnya hingga membentuk seperti krim. Tempelkan ramuan ini ke bekas luka yang ingi dihilangkan, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Mentimun. Haluskan mentimun hingga berbentuk pasta, setelah itu bubuhkan pada bekas luka, dan diamkan selama 30 menit. Ulangi cara ini setiap malam, maka bekas luka di kulit anda akan semakin hilang.
  • Beras Kencur. Caranya tumbuk beberap butir beras yang sudah direndam selama 20 menit dan kencur secukupnya. Setelah dua bahan tadi ditumbuk halus, lal bubuhkan ke bekas luka.
  • Minyak Vitamin E. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak Vitamin E ini cukup mudah dilakukan. Anda tinggal mengoleskan minyak Vitamin E ini ke area bekas luka dan pijat secara perlahan.
  • Putih telur. Caranya pisahkan bagian putih telur dari kuningnya. Setelah itu campurkan madu dengan putih telur tadi, kemudian aduk merata. Selain dapat menghilangkan bekas luka, ramuan madu dengan putih telur ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek pada wajah.
  • Jus Lemon. Campurkan 1 sendok makan krim susu asam, oat meal yang telah di haluskan, dan yogurt dengan beberapa tetes air jeruk lemon. Campurkan semua bahan tadi dalam satu wadah dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan ramuan ini ke daerah bekas luka sambil dipijat perlahan. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.
  • Salep Dermatix. Caranya adalah dengan mengoleskan salep dermatix ke area bekas luka, kemudian pijat perlahan. Usahakan lakukan cara ini secara teratur dua kali sehari hingga bekas luka tersamarkan. Tapi sayangnya salep yang biasa digunakan untuk menghilangkan luka bekas operasi ini harganya cukup mahal, yaitu sekitar 300 ribu rupiah.
Kesepuluh cara menghilangkan bekas luka diatas mungkin tidak akan langsung terasa efeknya, untuk itu anda harus telaten. Yah paling tidak dengan mengoleskan ramuan-ramuan diatas sehari sekali secara rutin, insyaallah bekas luka yang ada di tubuh anda pasti akan berangsur menghilang. Apalagi cara-cara diatas kebanyakan menggunakan bahan alami sehingga insyaallah tidak akan ada efek sampingnya. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah, segera tangani dan beri obat bagian tubuh yang terluka, karena bekas luka yang masih baru akan lebih mudah untuk dihilangkan daripada bekas luka yang telah lama.

    10 Cara Sederhana Menghilangkan Bekas Luka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik