8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kulit wajah yang kering bisa timbul karena berbagai sebab, mulai dari karena kekurangan cairan tubuh, make up, serta akibat perubahan suhu udara seperti yang terjadi pada ruangan ber-AC. Apapun penyebabnya, kulit wajah yang kering harus segera diatasi karena akan sangat mengganggu penampilan kita. Bagi sebagian orang, munculnya masalah kulit wajah kering ini mungkin akan diabaikan. Namun disadari atau tidak, masalah kulit yang satu ini akan menimbulkan masalah lain seperti kulit wajah yang tampak kusam, keriput, mengelupas, bahkan lebih parah lagi bisa menimbulkan iritasi kulit.

kulit kering


Berikut adalah beberapa tips mengatasi kulit wajah yang kering dan kusam secara alami agar kembali segar.

  1. Gunakan Sabun Khusus Wajah
    Sabun untuk badan digunakan untuk membersihkan wajah, mungkin inilah salah satu kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang. Kulit wajah berbeda dengan kulit di bagian tubuh yang lain, oleh karena itu dibutuhkan jenis sabun yang berbeda pula dengan sabun badan. Sabun yang digunakan untuk badan biasanya memiliki tingkat keasaman yang tidak cocok untuk wajah sehingga kulit akan teriritasi dan menjadi kering.

  2. Jangan Terlalu Sering Membasuh Wajah Dengan Air
    Membasuh wajah dengan air memang akan membuat wajah menjadi bersih dan lembab untuk sementara. Namun efeknya, membasuh wajah terlalu sering justru malah akan membuat kelembaban alami wajah anda berkurang. Solusinya, selalu gunakan pelembab kulit yang sesuai dengan wajah agar kelembaban kulit kita tetap terjaga.

  3. Gunakan Masker Alpukat
    Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin E. Vitamin E sendiri adalah salah satu nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit kita. Cara merawat kulit kering dengan alpukat sendiri adalah dengan melumat daging buah alpukat sampai halus, lalu oleskan merata ke seluruh wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, segera bilas muka dengan air dingin sampai bersih. Selain bisa digunakan sebagai masker, mengkonsumsi alpukat secara rutin juga akan bisa menjaga kekencangan kulit kita.

  4. Konsumsi Air Putih
    Dehidrasi karena kekurangan air adalah salah satu penyebab utama kulit kering. Jadi untuk mengatasinya, biasakanlah untuk meminum air paling tidak dua liter per hari agar asupan cairan tubuh terpenuhi. Biasakan juga untuk selalu minum segelas air sebelu tidur untuk menghindari dehidrasi selama kita beristirahat. Meskipun anda harus banyak minum, namun usahakan untuk selalu menghindari minuman yang terlalu banyak mengandung alkohol, kafein, atau bahan pengawet karena justru akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh anda.

  5. Gunakan Selalu Pelembab
    Khusus bagi anda yang tidak bisa menghindari sinar matahari serta ruangan ber-AC, pelembab kulit wajah adalah barang wajib yang harus selalu anda pakai. Namun kadang tak semua jenis pelembab kulit sesuai dengan wajah anda. Beberapa jenis pelembab mungkin justru akan menimbulkan efek buruk seperti panas, gatal, perih, bahkan pengelupasan kulit. Untuk mendapatkan pelembab yang cocok, mau tidak mau anda harus menguji semua jenis produk pelembab sampai ketemu yang cocok untuk kulit anda. Hindari juga pelembab yang mengandung terlalu banyak bahan pewangi serta zat retinoid karena justru akan merusak kulit anda.

  6. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Beta Karoten
    Beta karoten adalah salah satu jenis mineral yang berfungsi sebagai antioksidan dan diperlukan tubuh untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Beta karoten sendiri dapat anda peroleh dari buh dan sayuran berwarna oranye seperti wortel, labu, serta blewah.

  7. Jangan Terlalu Sering Mandi Air Hangat
    Beberapa orang mungkin mempunyai kebiasaan mandi dengan air hangat karena tak tahan dengan cuaca yang dingin. Namun, terlalu sering mandi dengan air hangat justru akan membuat kulit anda menjadi lebih kering.

  8. Jangan Terlalu Kasar Saat Menggunakan Handuk
    Sebagian dari kita mungkin ada yang merasa risih jika wajah kita terlalu basah, sehingga akan mengelap wajah dengan handuk hingga menjadi benar-benar kering. Hal ini ternyata tidak baik dan bisa mengganggu kelembaban kulit. Jadi, jika wajah basah, cukup tepuk-tepukkan saja handuk pada wajah dengan lembut untuk mengeringkannya.