Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

7 Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Kesulitan tidur atau yang sering disebut dengan insomnia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat sering dijumpai pada manusia modern sekarang ini. Insomnia adalah sebuah gejala dimana seseorang mengalami kesulitan saat akan tidur pada jam-jam normal. Tak jarang juga penderita insomnia mengalami kesulitan untuk menjaga agar tidurnya tetap nyenyak.

insomnia

Insomnia biasanya disebabkan oleh faktor psikologis, namun faktor-faktor lain seperti terlalu sering begadang, stres karena pekerjaan, terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein tinggi sebelum tidur, dan juga gangguan kesehatan lain juga dapat memicu terjadinya insomnia. Sebenarnya ada satu cara instan yang banyak dilakukan orang untuk mengatasi insomnia, yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat merangsang tidur. Namun, seperti yang kita semua tahu, mengkonsumsi obat-obatan kimia pasti akan menimbulkan beberapa efek samping dan efek obatnyapun hanya akan bertahan dalam jangka pendek. Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi obat tidur juga bisa membuat kita ketergantungan.

Untuk mengatasi insomnia secara jangka panjang dan untuk menghindari efek samping dari mengkonsumsi obat tidur, berikut akan saya sajikan 7 tips mengatasi insomnia tanpa obat sehingga insomnia kita derita akan berangsur-angsur menghilang secara alami.

  1. Singkirkanlah gadget jauh-jauh dari tempat tidur anda. Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.

  2. Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Selain dapat membuat tidur anda lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak sehingga anda bisa cepat tidur.

  3. Hindari bergadang dan tidurlah secara teratur. Terlalu sering tidur larut malam (bergadang) dan jadwal tidur yang tidak teratur bisa membuat anda kesulitan untuk tidur di malam hari. Selain itu, hindari juga tidur siang bila anda ingin mendapatkan durasi tidur yang lebih lama di malam hari.

  4. Cara keempat adalah dengan menggunakan terapi musik yang menggunakan brainwave. Musik Gelombang otak atau Brainwave adalah alunan musik yang dibuat khusus untuk mengkondisikan otak agar berada pada kondisi alpha dan theta dimana kita akan merasa sangat rileks sehingga akan lebih mudah tidur. Brainwave ini dapat anda peroleh dengan membelinya secara online dari beberapa website toko online di internet..

  5. Lakukanlah meditasi dan latih pernafasan. Meditasi sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu metode relaksasi yang paling ampuh. Dengan bermeditasi, anda akan berlatih agar bisa melupakan permasalahan hidup dan memfokuskan diri pada satu titik di dalam pikiran anda, sehingga pikiran anda akan semakin jernih dan anda akan mendpatkan tidur yang lebih berkualitas lagi.

  6. Cara lain untuk mengatasi insomnia adalah dengan rajin berolah raga. Kita tentunya sudah tahu jika olahraga dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta dapat mencegah berbagai macam gangguan-gangguan kesehatan termasuk gangguan tidur. Olahraga jogging adalah salah satu jenis olahraga yang dikatakan mampu meningkatkan kualitas tidur anda. Bagi anda penderita insomnia, disarankan untuk berolah raga di pagi hari dan sedikit olah raga ringan beberapa jam menjelang tidur.

  7. Cara ketujuh sekaligus yang paling ampuh untuk mengatasi kesulitan tidur (menurut saya) adalah dengan membaca buku atau bacaan lain yang isinya sangat membosankan bagi anda sehingga anda akan cepat lelah dan langsung tidur. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan dan hanya khusus ditujukkan bagi anda yang sudah benar-benar menglami insomnia “akut”, karena tidur yang berkualitas adalah tidur disaat anda berada dalam kondisi rileks bukan karena lelah atau karena terpaksa. Sekian.

7 Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik