Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Sirsak (Annona muricata L.) adalah salah satu buah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang manis, pohon sirsak juga tergolong sangat mudah dibudidayakan sehingga banyak yang tumbuh secara alami di pekarangan rumah penduduk. Namun, dibalik rasa buahnya yang manis, pohon sirsak ternyata juga mempunyai daun yang menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Lalu apa sajakah khasiat yang dikandung daun sirsak untuk kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara mengolahnya.

daun sirsak

  1. Mengobati Kanker
    Salah satu Khasiat daun sirsak yang paling terkenal adalah untuk mengobati penyakit kanker. Caranya pengolahannya juga cukup mudah, anda tinggal merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga hanya tersisa sekitar satu gelas air saja. Minum air rebusan daun sirsak tersebut setidaknya dua kali perhari selama kurang lebih dua minggu secara rutin. Menurut sebuah penelitian National Cancer Institute, daun sirsak ternyata memiliki kemampuan seperti kemoterapi karena dapat menghambat pertumbuhan sel yang abnormal (termasuk sel kanker) dan membiarkan sel-sel lain tumbuh dengan semestinya.

  2. Mengatasi Sakit Pinggang
    Caranya mudah yaitu anda tinggal merebus 20 lembar daun sirsak lalu rebus dengan lima gelas air sampai mendidih dan sisakan sampai tiga gelas saja. tunggu sampai dingin lalu minum tiga perempat gelas perhari.

  3. Mengobati Bisul
    Daun sirsak juga baik untuk mengobati bisul. Caranya adalah dengan menumbuk daun sirsak yang masih muda sebanyak lima sampai sepuluh helai lalu tempelkan daun sirsak muda yang telah ditumbuk tadi pada bagian yang terkena bisul. Ulangi cara ini sampai bisul benar-benar menghilang.

  4. Menyembuhkan Rematik
    Khasiat daun sirsak untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk menyembuhkan eksim dan juga rematik. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun sirsak lalu tempelkan pada bagian yang terasa sakit. Jika dilakukan secara rutin selama satu minggu, biasanya rasa sakit akibat rematik akan benar-benar akan hilang.

  5. Menjaga Kekebalan Tubuh
    Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada daun sirsak juga sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh dan untuk mencegah infeksi. Selain itu, sifat antioksidannya yang cukup kuat juga akan bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan. Cukup rebus empat sampai lima lembar daun sirsak dengan tiga gelas air sampai mendidih dan hanya tinggal menyisakkan satu gelas saja. Konsumsi air rebusan daun sirsak ini satu gelas tiap hari, dan anda akan mendapatkan manfaat antioksidan dan kekebalan tubuh yang lebih baik.
Selain daun sirsak yang memiliki banyak manfaat, buah sirsak ternyata juga memiliki khasiat yang tak kalah banyaknya. Kandungan gizi dan vitamin yang sangat beragam seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, serta karbohidrat fruktosa membuat buah yang sangat manis ini ampuh untuk menyebuhkan dan mencegah beberapa jenis penyakit. Berikut adalah beberapa khasiat buah sirsak bagi kesehatan.

  1. Mengobati Diare
    Salah satu khasiat daging buah sirsak untuk kesehatan adalah untuk mengobati bayi yang sedang mencret (diare). Caranya mudah, anda tinggal memeras buah sirsak yang sudah matang lalu selanjutnya disaring untuk diambil airnya saja. Selanjutnya, minum air sari buah sirsak ini tiga sampai empat sendok makan per hari pada buah hati anda yang sedang diare.

  2. Obat Anyang-Anyangen
    Khasiat berikutnya adalah sebagai obat anyang-anyangen (susah kencing). Caranya adalah dengan merebus daging buah sirsak dan tambahkan gula pasir secukupnya.Setelah itu, ambil air sari rebusan buah sirsak tadi dan minum secara rutin selama seminggu.

  3. Mengobati Penyakit Liver
    Manfaat berikutnya adalah untuk obat penyakit liver. Caranya, anda hanya diharuskan untuk meminum juice buah sirsak paling tidak dua gelas tiap hari.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik