Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Penyebab Asam Urat Dan Pencegahannya

Nama asam urat pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dibalik namanya yang “terkenal”, ternyata masih banyak orang, bahkan penderitanya sendiri yang masih belum paham mengenai apa sebenarya yang menjadi penyebab dan bagaimana cara yang benar untuk mencegah datangnya penyakit yang satu ini. Lalu sebenarnya apa sajakah faktor-faktor yang bisa menyebabkan timbulnya asam urat dan bagaimana cara pencegahannya yang benar?

asam urat

Penyakit asam urat dibagi menjadi dua macam, yaitu penyakit asam urat gout primer dan asam urat gout sekunder. Untuk penyakit asam urat gout primer, sebenarnya belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Namun diduga karena faktor genetik dan hormonal yang menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh yang pada akhirnya mengakibatkan naiknya produksi asam urat. Sedangkan untuk asam urat gout sekunder, penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan purin yang tinggi sehingga produksi asam uratpun juga ikut tinggi.

Selain itu, penyakit asam urat juga bisa disebabkan karena penyakit darah, konsumsi obat-obatan tertentu, bisa juga karena obesitas, atau karena penyakit kulit. Berikut adalah beberapa tips cara mencegah datangnya penyakit asam urat agar tidak menyiksa anda.

  1. Setelah mengetahui berapa faktor penyebab asam urat di atas, kita tentu saja harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Untuk mencegah asam urat, sebaiknya kita menghindari makanan yang memiliki karbohidrat sedehana seperti nasi putih dan mengganti karbohidrat sederhana ini dengan karbohidrat kompleks seperti kentang, ketela, ataupun nasi merah. Hindari juga makanan atau minuman yang yang memiliki kadar alcohol tinggi agar kita tetap terbebas dari asam urat.

  2. Cara selanjutnya untuk mencegah penyakit asam urat adalah anda harus memiliki berat badan yang ideal, karena berat badan yang berlebih dapat membuat anda gampang terserang berbagai macam penyakit termasuk asam urat.

  3. Anda juga harus mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang memiliki kandungan zat potassium tinggi seperti contohnya pisang dan kentang. Selanjutnya, anda bisa juga mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti buah jeruk.

  4. Selain itu, mengkonsumsi banyak air putih juga sangat baik untuk mencegah asam urat. Hal ini dikarenakan zat purin yang terdapat di dalam tubuh akan larut di dalam air dan selanjutnya akan dapat dibuang secara maksimal oleh tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum air putih paling tidak delapan gelas per hari agar zat purin dapat benar-benar keluar dari dalam tubuh sehingga anda akan terhindar dari asam urat.

  5. Tips selanjutnya adalah dengan mencegah stres atau terlalu lelah dalam bekerja. Tubuh yang terlalu lelah dan stres dapat membuat asam urat cepat kambuh, sehingga saat anda merasa lelah dan tertekan karena pekerjaan, keluarlah sebentar untuk mendapatkan udara segar sehingga otot-otot anda akan kembali rileks sehingga tidak merasa lelah ataupun stress.

  6. Tips terakhir adalah dengan melakukan olah raga secara rutin. Kita tahu bahwa olah raga sudah terkenal dari dulu sebagai salah satu langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Melakukan olah raga secara rutin dapat membuat otot-otot anda bebas bergerak dan persendian anda akan lebih nyaman sehingga bisa meminimalkan resiko terkena asam urat.
Itulah tadi beberapal hal yang harus anda ketahui mengenai penyebab asam urat dan beberapa tips untuk mencegahnya. Dengan membaca tips-tips di atas, diharapkan anda bisa lebih siaga dan yang lebih penting anda bisa mencegah dari awal datangnya penyakit asam urat yang sangat menyiksa tersebut.

Penyebab Asam Urat Dan Pencegahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik