Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

7 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Nanas (Ananas comosus) adalah salah satu buah tropis yang kaya akan manfaat. Selain dimakan mentah dan dijadikan sebagai jus, di Indonesia nanas biasanya diolah menjadi rujak buah. Rasanya yang asam manis dan kandungan airnya yang tinggi membuat buah ini digemari oleh banyak orang. Namun ternyata, selain karena rasanya yang enak, buah nanas juga banyak dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat nanas

Buah nanas segar merupakan salah satu makanan sumber vitamin terutama vitamin A dan C yang sangat melimpah. Selain vitamin, buah nanas juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium dan mangan yang berfungsi untuk memperbaiki pertumbuhan tulang. Mengkonsumsi 5 gram nanas tiap hari sama saja anda telah memenuhi 70% kebutuhan mineral mangan harian anda. Buah nanas juga mengandung beberapa jenis nutrisi dan senyawa kimia lain yang bermanfaat bagi tubuh, seperti magnesium, fosfor, zat besi, Vitamin B, natrium, Vitamin B12, sukrosa, asam aspartic, enzim bromelain, serta dekstrosa.

Berikut adalah 7 mafaat buah nanas bagi kesehatan.

1. Memperkuat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nanas adalah salah satu buah yang kaya akan mineral, terutama mineral kalsium dan mangan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Hebatnya lagi, mengkonsumsi satu gelas jus buah nanas segar sama saja anda telah memenuhi 70% kebutuhan zat mangan yang disarankan tiap harinya. Mengkonsumsi nanas sangat disarankan, apalagi bagi remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

2. Mengobati Sakit Flu dan Batuk

Di dalam 100 gram buah nanas segar, terkandung sekitar 24 mg Vitamin C. Seperti yang kita tahu, vitamin C adalah salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit flu. Selain berfungsi untuk mencegah flu, kandungan enzim bromelain dalam buah nanas ternyata dapat berguna untuk mengobati flu. Kandungan enzim bromelain telah terbukti secara medis dapat menekan dan mengencerkan dahan dalam tenggorokan, sehingga flu dan batuk berdahak dapat reda.

3. Menyehatkan Pencernaan

Selain karena kandungan seratnya, buah nanas memiliki manfaat yang cukup besar untuk pencernaan karena adanya kandungan enzim bromelain dalam buahnya. Enzim bromelain dalam buah nanas diketahui mampu membatu pencernaan zat protein dalam usus halus sehingga protein dapat segera dicerna oleh tubuh. Selain dapat membantu pencernaan protein, mengkonsumsi buah nanas setelah makan ternyata dapat mencegah perut mual, kembung dan sembelit. Enzim bromelain juga dapat berfungsi untuk menetralkan asam dalam darah.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Sudah dijelaskan sebelumnya jika buah nanas ternyata mengandung kalsium dan fosfor yang sangat kaya yang sangat bermanfaat untuk memperkuat gigi. Selain karena kandungan kalsiumnya, kandungan vitamin C dalam buah nanas ternyata juga dapat mencegah timbulnya plak gigi dan menjaga kesehatan gusi, sehingga kesehatan gusi dan gigi dapat terjaga.

5. Buah Untuk Diet

Buah nanas ternyata dapat bermanfaat untuk melangsingkan dan menurunkan berat badan, sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang melakukan program diet. Selain karena kandungan serat yang tinggi dan glukosanya yang rendah, buah nanas sangat baik dikonsumsi oleh anda yang sedang diet karena kandungan enzim proteiolitiknya. Enzim ini berfungsi untuk menghambat penyerapan lemak oleh usus, sehingga lemak akan banyak terbuang bersama feses. Mengkonsumsi buah nanas juga akan membuat anda cepat kenyang.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah nanas baik sangat baik dikonsumsi oleh lanjut usia karena dapat menjaga kesehatan mata terutama yang berhubungan dengan mata tua. Hal ini disebabkan karena kandungan Vitamin A serta zat antioksidan yang cukup tinggi dalam buah ini. Selain itu, kandungan betakaroten dalam nanas juga dapat menurunkan resiko terkena degenerasi makula, yaitu sebuah gangguan mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan pada lansia.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan berbagai macam enzim dalam buah nanas memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Beberapa jenis luka seperti luka bakar dan luka lebam ternyata dapat lebih cepat sembuh jika kita sering mengkonsumsi nanas.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas

Dibalik manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan, buah nanas juga memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi dalam keadaan tertentu. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin akan timbul jika anda mengkonsumsi buah nanas.

  • Buah nanas terutama nanas yang masih muda dapat berpotensi merusak kadungan, itulah mengapa buah ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil.
  • Nanas bisa menyebabkan iritasi kulit. Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami gatal-gatal di tenggorokan dan mulut setelah mengkonsumsi nanas. Untuk mengatasinya, anda harus mengupas dan membuang bagian mata nanas.
  • Penderita batu ginjal serta penderita rematik juga sebaiknya menghindari buah ini karena dapat memicu penyakit mereka menjadi lebih parah.

7 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik