Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

4 Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Manfaat kumis kucing khususnya untuk masyarakat modern sangat banyak walaupun masyarakat modern sudah mulai berkurang untuk memanfaatkan pohon yang satu ini bagi kesehatan tubuhnya. Walaupun sudah jarang orang yang memanfaatkan tanaman kumis kucing untuk dijadikan sebagai obat bukan berarti khasiat dari tanaman kumis kucing ini pudar karena khasiatnya masih tetap seperti dulu pada saat nenek moyang masih menggunakannya. Masih tetap alami, masih tetap mujarab dan masih tetap murah.

manfaat kumis kucing

Maka dari itu perbedaan yang terasa adalah pada kecenderungan masyarakat modern yang memiliki kerentanan terhadap sakit yang tinggi. Salah satu penyebabnya adalah jarang menggunakan bahan alami ketika mereka mengalami sakit. Padahal bahan bahan alami ini ketika dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit, bukan hanya sakit saja yang akan sembuh tapi juga pada organ tubuh lainnya yang akan ikut sehat, segar dan bugar. Salah satu bahan alami yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit khususnya bagi masyarakat modern adalah tanaman kumis kucing ini.

Kandungan Gizi Pada Tanaman Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing sudah terkenal sejak ratusan tahun lalu memiliki khasiat sebagai obat tradisional yang sangat ampuh khususnya untuk menyembukan masalah kesehatan yang umum dialami oleh banyak orang. Bahkan hingga kini, jika anda mengobati sakit dengan bahan dasarnya kumis kucing pasti sakit yang anda derita akan segera disembuhkan tanpa mahal, tanpa efek samping dan tanpa bahan kimia. Kumis kucing merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat khususnya untuk menangani berbagai macam penyakit yang umum diderita oleh kebanyakan masyarakat modern. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kandungan yang penting di dalam tanaman kumis kucing untuk kesehatan tubuh. Kandungan kandungan adalah :

Nama Zat Jumlah
Minyak Atsiri 0,02-0,06%
Garam Kalsium 3%
Fenolik 0,20%
Flavonoid Lipofil
Salvigenin
Rhamnazin
Glikosida Flavonol
Myoinositol

Manfaat kumis kucing sangat besar sekali bagi tubuh apalagi jika anda kita memiliki patokan pada kandungan yang terdapat pada tanaman kumis kucing seperti yang telah disebutkan di tabel. Rasanya memang cenderung pahit, sedikit sepet, ada rasa asin tapi terasa sejuk yang tentunya anda akan merasa nyaman ketika mengkonsumsinya. Khasiat tanaman kumis kucing khususnya untuk mengobati penyakit yang umum adalah :

  1. Efektif Untuk Menyembuhkan Serangan Sesak Napas
    Flavonoid yang terdapat pada tanaman kumis kucing ini merupakan senyawa yang substansinya sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk menghilangkan efek yang dapat merusak pergantian oksigen pada tubuh manusia. Maka dari itu, jika anda adalah penderita sesak nafas atau sering mengalami sesak nafas, maka gunakanlah tanaman kumis kucing sebagai penyembuhnya.

  2. Efektif Untuk Mengobati Sakit Pada Pinggang
    Selain memiliki kandungan flavonoid, tanaman kumis kucing ini juga memiliki kandungan benzokromen dan asam organik yang tentunya sangat baik untuk mengatasi rasa sakit pada pinggang dan encok.

  3. Efektif Mengobati Infeksi Pada Kulit
    Tanaman kumis kucing juga memiliki kandungan minyak atsiri merupakan salah satu senyawa yang efektif untuk mengobati infeksi pada kulit baik itu untuk gatal gatal akibat alergi dan kuman, kulit yang kering akibat sel kulit mati dan kurang mineral ataupun infeksi kulit yang lainnya.

  4. Efektif Untuk Dijadikan Antiseptik
    Antiseptik dapat dilakukan oleh fenol bahkan fenol ini menjadi bahan dasar pembuatan obat seperti aspirin, obat pembasmi rumput dan obat obatan lain yang sifatnya pembasmi penyakit. Fenol ini terdapat pada tanaman kumis kucing sehingga anda dapat memanfaatkannya sebagai antiseptik.

Itulah sekilas manfaat kumis kucing yang dapat anda jadikan sebagai obat yang umum menyerang tubuh kebanyakan masyarakat modern.

4 Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik