Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

12 Cara Sederhana Menghilangkan Stres

Stres adalah sebuah kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Perasaan tertekan, ketakutan, depresi, dan perasaan yang tidak karun lainnya seolah bercampur menjadi satu dan membuat kita merasa tak nyaman. Penyebab stres sendiri bisa bermacam-macam mulai dari beban pekerjaan, sekolah, masalah keluarga, masalah dengan teman, masalah keuangan, sakit, dan bahkan hal-hal sepele seperti macet di jalan bisa membuat kita stres. Di artikel kali ini, akan saya sampaikan beberapa tips dan cara menghilanhkan stres yang semoga dapat bermanfaat bagi anda.

mengatasi stress


  1. Mengatasi Stres Dengan Makan
    Mungkin kedengarannya agak aneh, tapi beberapa jenis makanan seperti almond, alpukat, jeruk, ikan salmon, dan bayam telah terbukti dapat mengurangi stres karena kandungan vitamin dan magnesiumnya yang tinggi. Tapi jangan sampai aktivitas makan anda malah akan menimbulkan stres baru bagi anda karena naiknya berat badan. Hehe

  2. Mengatasi Stres Dengan Tertawa
    Saat tertawa, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon antistress daripada saat kita sedang tidak tertawa. Anda bisa merangsang tawa anda dengan berbagai cara seperti melihat acara komedi, komik lucu, atau film.

  3. Mengatasi Stres Dengan Mendengarkan Musik
    Selain berfungsi sebagai hiburan, alunan musik ternyata juga bisa memberikan perubahan suasana hati dan efek relaksasi bagi yang mendengarkannya. Mendengarkan musik dari penyanyi-penyanyi favorit anda mungkin akan dapat mengusir rasa penat dan sejenak melupakan masalah hidup yang sedang anda hadapi. Selain musik-musik favorit, musik jenis Brainwave yang menggunakan terapi melalui gelombang otak, juga akan sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesehatan mental anda.

  4. Mengatasi Stres Dengan Relaksasi
    Cara mengatasi stress dengan relaksasi ini bisa anda lakukan dengan cara meditasi, yoga, atau berdzikir bagi anda yang muslim. Inti dari relaksasi adalah membuat pikiran menjadi nyaman dan tenang. Buang jauh-jauh rasa sedih, marah, frustasi, kecewa dan masukkan pikiran positif ke dalam pikiran anda. Relaksasi ini juga dapat anda kombinasikan dengan mendengarkan musik brainwave atau dengan menggunakan aromaterapi sehingga pikiran anda akan semakin tenang.

  5. Mengatasi Stres Dengan Melakukan Hobi
    Setiap orang pasti memiliki hobi. Dengan melakukan hal-hal yang disenangi seperti memancing, olah raga, melukis, bermain musik, atau memasak pasti akan membuat anda sejenak melupakan stres yang sedang anda alami sehingga pikiran akan menjadi jernih kembali.

  6. Mengatasi Stres Dengan Pijat
    Tidak diragukan lagi, sejak jaman bahula sampai sekarang pijat memang sudah terbukti mampu mengusir rasa penat dan mampu mengendorkan kembali otot-otot syaraf yang tegang. Apalagi jika dipijat dengan latar belakang pemandangan pantai pasir putih yang sangat indah seperti orang yang ada pada gambar di bawah ini.

  7. Mengatasi Stres Dengan Rekreasi
    Pikiran yang sudah terlalu jenuh, mungkin akan membuat anda merasa ingin menjauh dari segala kesibukan dan menyingkir ke tempat-tempat wisata sekedar untuk mencuci mata. Tapi jika anda sudah benar-benar sangat sibuk, mungkin sekedar berjalan kaki di taman akan bisa membuat pikiran anda menjadi segar kembali.

  8. Mengatasi Stres Dengan Tidur
    Kualitas tidur akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan dan emosi anda. Jika anda merasa kurang tidur akhir-akhir ini, maka segeralah lupakan semua masalah lalu pergi tidur. Yang perlu diingat disini adalah, tidur yang berkualitas tidak harus lama-lama, yang penting bisa nyenyak dan bangun dalam keadaan segar.

  9. Mengatasi Stres Dengan Berteriak
    Tips konyol macam apa lagi ini? Hehe. Memang kedengarannya konyol, tapi dengan berteriak, perasaan kita akan menjadi lebih lega dan plong. Itulah alasannya kenapa orang yang sedang marah suka ngomel-ngomel, teriak-teriak, bahkan sampai banting piring sebagai pelampiasan rasa marah mereka. Tapi bukan berarti saya menyuruh anda untuk teriak-teriak gak jelas loh ya.

  10. Mengatasi Stres Dengan Curhat
    Semua orang pasti juga tahu jika menceritakan masalah kita kepada orang yang kita percayai seperti teman atau orangtua pasti bisa membuat kita lebih lega. Apalagi jika teman curhat yang kita ajak bicara mampu memberikan solusi untuk masalah yang sedang kita hadapi.

  11. Mengatasi Stres Dengan Berpikir Positif
    Mungkin anda sudah bosan mendengar kata ini. Tapi yakinlah bahwa dengan berpikir positif, pikiran anda akan menjadi jauh lebih jernih untuk mencari solusi atas masalah yang anda hadapi. Mungkin selama ini kita sering stres karena selalu memandang semua masalah dengan penuh pesimisme sehingga kita tidak pernah mendapatkan jawaban atas masalah yang sedang kita hadapi.

  12. Mengatasi Stres Dengan Bersyukur dan Berdoa
    Inilah cara menghilangkan stres paling mujarab yang bisa kita praktekkan, yaitu rajin-rajinlah berdoa kepada tuhan dan mintalah petunjuk atas segala masalah yang sedang melilit kita. Selain itu, kita juga harus pandai-pandai bersyukur sehingga kita akan semakin sadar bahwa segala sesuatu yang kita miliki di dunia ini adalah pemberian tuhan dan belum tetntu orang lain bisa seberuntung kita.
Sekian dulu artikel mengenai cara menghilangkan stres kali ini. Bagaimanapun juga stres sesungguhnya bersumber dari masalah yang sedang melilit kita. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita segera menyelesaikan masalah agar tidak menimbulkan stres. Tapi yang perlu diingat adalah kita tak akan mungkin menghindar dari masalah. Yah, meskipun masalah-masalah dalam hidup kita kadang bisa membuat stres, namun dengan masalahlah kita menjadi lebih dewasa. Jadi ambil saja positifnya. Sekian.

12 Cara Sederhana Menghilangkan Stres Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik