Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga adalah buah yang dihasilkan oleh tanaman sejenis kaktus yang banyak hidup di dataran rendah. Banyak orang yang salah sangka dan mengira bahwa buah ini berasal dari daratan China, padahal buah yang memliki warna mencolok ini sebenarnya memiliki habitat asli di Benua Amerika. Buah naga kini juga sudah banyak dibudidayakan oleh petani lokal, karena selain perawatannya yang mudah, buah ini juga cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti di Indonesia.

buah naga

Buah naga sebenarnya mempunyai tiga varietas yaitu buah naga berkulit merah dengan daging putih, berkulit merah dengan daging merah, dan yang berkulit kuning dengan daging putih. Buah ini, selain terkenal karena rasanya yang segar dan manis, juga terkenal karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya. Buah naga banyak mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, serta berbagai senyawa kimia lain.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram buah naga.

Vitamin C 9 mg
Vitamin B1 0,043 mg
Vitamin B2 0,045 mg
Vitamin B3 0,43 mg
Niasin 1,3 mg
Karoten 0,012 mg
Kalsium 8,8 mg
Besi 0,65 mg
Fosfor 36,1 mg
Protein 0,23 g
Moisture 83 g
Lemak 0,61 g

Karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya tersebut, maka tak heran jika banyak orang menyebut bahwa buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Kandungan vitamin C yang cukup melimpah dalam buah naga membuat buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang merasa daya tahan tubuhnya sedang menurun, terutama pada kondisi musim yang tidak menentu seperti sekarang ini.

  2. Mencegah Kanker
    Buah naga kaya akan kandungan antioksidan phytoalbumins yang dapat menangkal berbagai radikal bebas, termasuk radikal bebas penyebab kanker. Selain antioksidan, kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah ini juga berfungsi untuk mengikat zat karsinogen yang menjadi penyebab kanker.

  3. Buah Rendah Kalori
    Buah naga adalah buah yang kaya nutrisi, mengenyangkan, namun tetap rendah kalori. Hal ini membuat buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang menderita diabetes. Dalam 100 g buah naga, hanya terkandung 60 kalori yang terdiri dari lemak tak jenuh, protein, serta karbohidrat kompleks yang mudah dicerna oleh tubuh.

  4. Buah Penambah Darah
    Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang cukup melimpah. Vitamin C sendiri salah satunya berfungsi dalam proses penyerapan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan 0,65 mg/100 g zat besi. Walaupun kandungan zat besi dalam buah naga tak terlalu banyak, buah ini tetap disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita anemia.

  5. Sangat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil
    Buah naga mengandung senyawa folates yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan pembentukan susunan tulang pada janin serta dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat. Selain senyawa folates, buah ini juga kaya akan vitamin B1 yang dapat membantu pertumbuhan janin. Jadi, tidak ada salahnya buat anda yang sedang hamil untuk mulai membiasakan memakan buah naga setiap hari.

  6. Menurunkan Berat Badan
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah naga memiliki kandungan serat yang sangat kaya. Serat sendiri memiliki banyak mafaat bagi tubuh kita, seperti untuk memperlancar pencernaan serta dapat menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini juga akan membuat anda cepat kenyang, sehingga buah naga sangat cocok untuk anda konsumsi saat sedang diet mengingat buah ini juga cukup rendah kalori.

  7. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kandungan Vitamin B1, B2, serta B3 yang cukup tinggi dalam buah naga berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol  serta gula darah dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga tidak mengandung lemak jenuh ataupun lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol anda. Jika kadar kolesterol dalam tubuh dapat dikontrol, maka resiko gangguan jantung pun akan semakin kecil.

  8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
    seperti yang sudah ditunjukan pada tabel sebelumnya, buah naga ternyata memiliki kandungan mineral fosfor dan kalsium yang cukup banyak. Kalsium dan fosfor sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan serta pertumbuhan tulang dan gigi terutama bagi remaja dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik