Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

6 Cara Menaikkan Berat Badan

Semua orang pasti memimpikan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Bagi anda yang bertubuh gemuk, anda mungkin masih bisa mendapat berat badan ideal dengan cara mengikuti dan mempraktekkan beberapa program diet. Namun bagaimana dengan anda yang berbadan kurus?

badan kurus

Ada beberapa faktor yang menyebabkan badan kurus atau kekurangan berat badan, dari mulai masalah nutrisi hingga karena faktor genetik. Banyak orang, dan mungkin termasuk anda, yang masih terjebak dalam opini yang salah bahwa dengan menambah porsi makan bisa menaikkan berat badan anda. Memang opini tersebut tidak sepenuhnya salah, namun tidakkah anda memperhatikan bahwa ada banyak orang dengan porsi makan besar, tapi badannya masih tetap kurus dan berat badannya pun masih di bawah ideal. Kalaupun dengan menambah porsi makan bisa berhasil menaikkan berat badan anda, tidakkah hal ini nantinya malah akan mengakibatkan masalah kesehatan yang lain?

Bingung? Oke, saya juga bingung. :D Untuk itu, berikut saya sajikan 6 cara menaikkan berat badan secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimiawi.

  1. Makan sebelum tidur adalah salah satu cara ampuh untuk menaikkan berat badan anda. Makanan akan dijadikan oleh tubuh sebagai sumber energi saat berlangsungnya proses regenerasi sel-sel tubuh selama kita tidur. Sayuran, buah-buahan, dan roti isi adalah pilihan makanan terbaik untuk anda makan sebelum anda tidur.

  2. Air putih adalah salah satu minuman terbaik yang mengandung sejuta manfaat. Minuman bersoda dan cappuccino memang akan membuat badan anda cepat gemuk karena kandungan gulanya. Namun, usahakan untuk seminimal mungkin mengkonsumsi kedua jenis minuman ini karena akan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Silahkan juga untuk mengkonsumsi berbagai macam minuman sehat dan juga juice yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun tetap jadikan air putih sebagai minuman utama karena air putih juga dapat berkhasiat untuk melunturkan berbagai macam racun dalam tubuh.

  3. Cara pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Lemak dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai cadangan energi. Selain itu, lemak juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut, fungsi syaraf, dan juga kulit anda. Lemak tak jenuh yang mengandung omega 3 dan omega 6 adalah salah satu jenis lemak yang baik untuk kesehatan anda. Jika selama ini lemak sering dianggap dapat mengganggu kesehatan, lemak tak jenuh ini justru dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Minyak zaitun adalah salah satu jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

  4. Mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat juga menjadi salah satu cara menaikkan berat badan anda. Tubuh anda juga memerlukan karbohidrat sebagai sumber energy. Jika anda betul-betul ingin menaikkan berat badan anda, anda harus mengkonsumsi cukup karbohidrat seperti yang berasal dari buah, gandum utuh, dan juga sayuran.

  5. Protein adalah salah satu mineral yang baik untuk menaikkan berat badan anda. Protein di digunakan oleh tubuh untuk membentuk otot dan juga struktur organ anda. Selain itu, protein juga dapat menjaga fungsi imun yang ada pada tubuh anda. Mengkonsumsi daging merah adalah salah satu sumber protein yang baik untuk anda asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Paling tidak anda bisa mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam seminggu. Anda juga harus memilih daging potong yang segar dan jangan lupa untuk menghindari berbagai macam olahan seperti bolognaise, ham, sosis, burger, atau pepperoni.

  6. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan mineral juga terbukti cukup ampuh untuk menaikkan berat badan. Tubuh kita membutuhkan beberapa jenis mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, seng, iodine, natrium, kalium, dan juga fluorin yang bisa didapatkan pada buah, kacang-kacangan, sayur, daging merah, keju, susu, dan juga garam dapur. Mineral dapat berfungsi untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi serta untuk membentuk hemoglobin yang ada pada darah serta mengatur kelancaran kerja pada otot dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya, utamakanlah kualitas daripada kuantitas makanan yang anda konsumsi. Seperti yang sudah saya sampaikan di awal-awal tadi, jangan sampai terjebak pada opini sesat bahwa dengan banyak makan, maka otomatis akan dapat menaikkan bobot dan menggemukkan badan anda. Anda juga perlu untuk menyeimbangkan nutrisi makanan dalam tubuh anda, dari mulai mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak, dll.

6 Cara Menaikkan Berat Badan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown