Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Penyebab Rambut Berketombe

Siapa sih yang tidak kesal dengan masalah rambut bernama ketombe ini? Selain dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal, ketombe juga akan sangat mengganggu penampilan kita. Meskipun merupakan masalah sejuta umat, tapi tetap saja kemunculannya sering membuat kita merasa tidak pede. Untuk itu, pada postingan kali ini akan saya tuliskan beberapa faktor penyebab rambut berketombe agar kita bisa mencegah ketombe.

ketombe rambut

Penyebab Ketombe Pada Rambut


Ketombe pada dasarnya diakibatkan karena pengelupasan sel-sel kulit mati di kulit kepala yang terjadi secara berlebihan. Penglupasan sel-sel kulit mati ini sebenarnya adalah hal yang wajar karena normalnya sel kulit mati akan terkelupas setiap 28-30 hari. Tapi pada orang yang mengalami ketombe, penglupasan ini berlangsung terus menerus dan kadang disertai oleh gejala-gejala iritasi seperti kulit kepala memerah atau gatal. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya ketombe, seperti gangguan hormonal, kulit kepala yang memiliki kelembaban tinggi, kelainan syaraf, dan stres.

1. Penyakit Kulit. Dermatitis seboroik dan Psoriasis adalah dua penyakit kulit yang dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Dermatitis seboroik adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur yang berukuran sangat kecil, misalnya adalah jamur Malassezia. Infeksi jamur ini biasanya ditandai dengan produksi minyak yang sangat berlebihan di kulit kepala. Sedangkan Psoriasis biasanya ditandai denga kulit kepala yang bersisik dan tidak rata serta kemerahan.

2. Kulit Kepala Berminyak. Produksi minyak secara berlebihan pada kulit kepala akan menyebabkan semakin tumbuh suburnya beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Selain itu, minyak pada kulit kepala juga dapat mengikat sel-sel kulit mati menjadi serpihan putih yang tebal dan mudah terlihat.

3. Kulit Kepala Kering. Selain karena kulit kepala berminyak, kulit kepala yang kering juga dapat menyebabkan ketombe. Hal tersebut disebabkan karena kulit kepala akan lebih mudah terkelupas pada kondisi kering.

4. Stres dan Ketidakseimbangan Hormon. Kondisi psikologis yang sedang buruk biasanya akan menyebabkan ketidakseimbangan hormonal. Hal ini akan berpengaruh juga pada produksi minyak di kulit yang pada akhirnya dapat menyebabkan ketombe. (Baca juga: Cara Menghilangkan Stres).

5. Penyebab Lain. Selain keempat faktor diatas, sebenarnya masih ada beberapa faktor lagi yang dapat menyebabkan ketombe, diantaranya fakto genetis, alergi, cuaca, penggunaan sampo yang tidak sesuai, serta karena kekurangan nutrisi.

Cara Mencegah Ketombe


Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab ketombe seperti yang telah disebutkan diatas, tentu saja kita jadi tahu bagaimana cara mencegah ketombe. Cara mencegah ketombe bisa dilakukan dengan mengamalkan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan kulit kepala dan makan makanan bernutrisi. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung seng seperti kerang-kerangan, ayam kalkun, babi, dan kacang-kacangan telah terbukti dapat menyehatkan kulit kepala.

Cara Alami Mengatasi Ketombe


Langkah-Langkah:
  • Siapkan tiga sampai empat siung bawang merah yang sudah dikupas.
  • Parut atau tumbuk bawang merah yang sudah dikupas tadi sampai halus.
  • Oleskan tumbukkan bawang merah yang telah halus tadi ke kulit kepala sambil digosok dan dipijat secara perlahan.
  • Bilas rambut sampai bersih dan ulangi cara ini setiap seminggu sekali.
Bawang merah dipilih sebagai bahan anti-ketombe alami karena kandungan sulfur dan triterpenoidnya yang sangat tinggi. Zat ini dapat berfungsi untuk melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala sehingga pertumbuhan jamur dapat ditekan dan ketombe pada rambut dapat dicegah. Untuk tips menghilangkan ketombe yang lainnya, silahkan baca Cara Menghilangkan Ketombe.

Penyebab Rambut Berketombe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik