Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Semakin pesatnya perkembangan zaman, maka teknologi manusiapun juga semakin berkembang. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi. Pekembangan teknologi informasi dan komunikasi dari zaman purba hingga sekarang terus mengalami kemajuan yang sangat berarti.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sendiri bisa diartikan sebagai media atau alat bantu yang digunakan oleh manusia untuk melakukan interaksi dan untuk penyampaian informasi agar lebih mudah.

Penggunaan bahasa, mungkin itulah tonggak awal dari cara berkomunikasi dan penyampaian informasi manusia. Dengan adanya bahasa, maka akan memungkinkan satu orang untuk bisa memahami informasi yang disampaikan orang lain. Pada perkembangan selanjutnya, manusia mulai menggunakan tulisan untuk saling berkomunikasi. Sistem tulisan pertama ditemukan oleh bangsa Sumeria kuno pada sekitar tahun 3000 SM. Tulisan dari bangsa Sumeria ini masih sangat sederhana, yaitu hanya berupa simbol-simbol yang diberi nama pictograf.
Selain bangsa Sumeria, bangsa lain yang telah mengenal tulisan adalah bangsa Mesir kuno. Bangsa Mesir kuno sudah mengenal sistem tulisan hieroglyf sejak tahun 2800 SM.

Pada zaman modern, sistem informasi jarak jauh mulai dikembangkan. Diawali dengan penemuan kode morse dan telegraf  oleh Samuel F.B Morse dan William Cook pada tahun 1837 masehi. Lalu pada tahun 1876, Alexander Graham Bell membuat gebrakan baru dengan penemuan telepon. Inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi terus bermunculan. Komputer digital pertama yang diberi nama ENIAC 1 muncul pada tahun 1946. Lalu pada tahun 1957, satelit buatan pertama milik Rusia yaitu Sputnik I diluncurkan ke orbit. Dan sejak itulah negara negara diseluruh dunia berlomba-lomba untuk meluncurkan satelit mereka ke orbit.

Pada zaman kita saat ini, internet adalah salah satu teknologi yang sangat populer. Dengan internet kita bisa saling berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh disana dengan biaya yang murah, dan karena internet jugalah anda bisa membaca tulisan di blog ini.  Tak heran jika internet disebut seolah-olah bisa mengkan jarak geografis yang ada.
Internet atau world wide web mulai dikembangkan oleh sebuah lembaga bernama CERN pada tahun 1991. CERN sendiri adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh 18 negara Uni Eropa yang berpusat di kota Geneva, Swiss. Internet sebenarnya berawal dari ide dari Tim Berners untuk menciptakan suatu protokol sistem distribusi informasi yang memungkinkan banyak orang untuk bisa saling berbagi informasi.

Dewasa ini, jejaring sosial menjadi sangat populer. Facebook, adalah satu dari beberapa jejaring sosial yang terkenal di dunia maya. Facebook berawal dari ide brilian seorang mahasiswa dari Harvard University bernama Mark Zuckerberg. Hingga kini facebook telah memiliki ratusan juta member yang tersebar diseluruh dunia.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang telah memudahkan manusia dalam berbagai bidang.  Namun, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tak selamanya memiliki dampak yang baik. Kita harus lebih bijaksana dalam menyikapi era informasi tanpa batas sekarang ini.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik