Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Metode Ilmiah Dan Langkah-langkahnya

Metode ilmiah adalah suatu prosedur yang berupa langkah-langkah kerja yang disusun secara sistematis dengan menggunakan logika yang digunakan untuk mencari jawaban tentang suatu kebenaran ilmiah. Kata metode sendiri berasal dari bahasa Yunani, meta yang berarti sesudah dan hedos yang berarti jalan. Agar dalam melakukan pekerjaan bisa benar-benar sistematis, maka metode ilmiah harus memiliki pola kerja, prosedur, dan langkah langkah tertentu.

Adapun langkah-langkah dalam metode ilmiah  adalah sebagai berikut:

  • Menentukan dan Merumuskan masalah.
  • Mengumpulkan data dan informasi tentang masalah yang akan dipecahkan.
  • Mengajukan hipotesis.
  • Melakukan eksperimen.
  • Menarik kesimpulan.

  • a. Menentukan dan Merumuskan Masalah
    Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah menentukan masalah yang akan dipecahkan, dan untuk menemukan masalah kita perlu membuat pertanyaan. Masalah sendiri adalah segala sesuatu yang harus dipecahkan secara pasti dan benar.

    b. Mengumpulkan data dan informasi
    Setelah menemukan masalah apa yang akan dipecahkan, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara membaca buku, membaca laporan hasil penelitian orang lain, atau bisa juga dengan melakukan wawancara dengan orang yang sudah ahli dalam masalah tersebut.

    c. Mengajukan hipotesis
    Hipotesis adalah dugaan atau prediksi sementara terhadap masalah berdasarkan data dan informasi yang telah diperoleh sebelumnya. Kebenaran dari hipotesis yang diajukan ini belum pasti, jadi harus dilakukan pengujian dan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

    d. Melakukan eksperimen
    Eksperimen adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menguji dan membuktikan hipotesis yang telah disampaikan sebelumnya. Tujuan dari eksperimen adalah untuk membuktikan hipotesis dengan didukung oleh bukti yang nyata. Dan kadang, untuk mendapatkan hasil yang pasti, eksperimen bisa dilakukan lebih dari satu kali.

    e. Menarik kesimpulan
    Kesimpulan adalah hasil akhir yang diperoleh setelah melewati serangkaian metode-metode ilmiah diatas. Kesimpulan dibuat berdasarkan hasil dari eksperimen. Kesimpulan bisa sesuai (menerima) hipotesis, namun bisa juga tidak sesuai (menolak) hipotesis.

    Setelah kesimpulan diambil, maka langkah terakhir setelah melakukan metode ilmiah adalah membuat laporan berupa karya tulis ilmiah atau yang lainnya tentang hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian ilmiah yang telah dilakukan lalu melakukan publikasi.

    Metode Ilmiah Dan Langkah-langkahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik