Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

8 Cara Alami Menghilangkan Komedo Pada Hidung

Ukurannya memang kecil dan tidak terlalu kasat mata, namun jika terus dibiarkan, komedo yang berbentuk tonjolan-tonjolan kecil pada hidung ini lama-kelamaan akan menjadi semakin banyak dan bukan tak mungkin akan semakin membesar. Komedo sebenarnya bukanlah masalah yang terlalu serius dan perlu dikhawatirkan karena semua orang bisa mengalami komedo.

mengatasi komedo

Komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori bagian wajah, terutama pada bagian hidung. Pori-pori kulit yang tersumbat akan membuat minyak susah keluar sehingga kotoran-kotoran seperti debu atau sel kulit mati akan menumpuk di permukaan kulit lalu menimbulkan tojolan kulit kecil-kecil yang berbentuk seperti jerawat. Pada kondisi tertentu, komedo juga bisa menyebabkan pori-pori kulit membesar dan menghitam, komedo jenis ini disebut sebagai komedo terbuka (blackhead).

penyebab komedo
Kotoran penyebab komedo

Jika tidak segera ditangani, komedo bisa menjadi sarang kuman yang bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah lain bagi wajah, seperti jerawat atau munculnya flek hitam di wajah. Untuk itu, berikut akan sedikit kami ulas mengenai beberapa cara ampuh untuk menghilangkan komedo secara alami.

  1. Lakukan Pemijatan
    Salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan komedo tentu saja adalah dengan cara memijatnya. Langkah pertama, pastikan tangan anda sudah bersih dan steril. Setelah itu, pijat dan tekan hidung yang berkomedo dengan gerakan memutar menggunakan dua jari yang berlawanan. Lakukan terus pemijatan ini sampai lemak pada komedo yang berbentuk cairan atau bulatan putih keluar dari dalam benjolan komedo. Jika lemak sulit keluar, lakukan penguapan pada wajah atau oleskan cleansing milk agar kulit semakin kencang dan lentur. Setelah semua isi komedo keluar, bersihkan semua area bekas komedo tadi dengan alkohol atau cairan antiseptik.

  2. Gunakan Lidah Buaya
    Ekstrak gel pada lidah buaya ternyata memiliki fungsi untuk mengangkat minyak serta kotoran berlebihan pada permukaan kulit. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman lidah buaya untuk perawatan komedo ini adalah bagian dagingnya. Cukup kupas kulit luar daun lidah buaya yang berwarna hijau, ambil bagian daging yang berwarna bening, haluskan, lalu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo.

  3. Gunakan Es Batu
    Suhu yang dingin pada es batu bisa membuat komedo membandel pada hidung rontok seketika. Caranya, gosokkan es batu pada wajah secara perlahan selama sekitar 3 menit, diamkan sejenak, dan tunggu kotoran-kotoran penyumbat pori-pori kulit terangkat dengan sendirinya. Perawatan menggunakan es batu ini harus dilakukan secara rutin paling tidak setiap sehari sekali untuk mendapatkan hasilnya. Setelah selesai menggunakan es batu, jangan lupa olesi hidung dengan alkohol agar kuman-kuman yang bersarang di dalam komedo bisa terbunuh.

  4. Cleansing Milk + Scrub
    Cleansing milk dan scurb terbukti cukup ampuh untuk membersihkan wajah dari kotoran, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Kedua bahan pembersih kulit ini dapat anda pakai dua kali sehari untuk perawatan pagi hari sebelum mandi serta malam hari sebelum tidur. Cleansing milk dan scrub adalah dua bahan kosmetika yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi anda yang memiliki segudang aktifitas setiap hari.

  5. Gunakan Scrub Alami
    Bagi anda yang alergi dengan scrub sintetis, beberapa buah dan sayuran alami ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi scrub wajah. Siapkan 2 tangkai daun seledri, 1/8 potong buah apel, serta air perasan lemon secukupnya. Tumbuk semua bahan samai halus, lalu gunakan untuk memijat wajah. Lakukan pemijatan sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.
Selain 5 tips dan cara menghilangkan komedo diatas, beberapa tips pencegahan komedo dibawah ini juga wajib anda coba untuk menangkal komedo agar tidak menghampiri wajah anda.

  • Kurangi bedak yang terlalu tebal (foundation). Bedak mungkin akan membuat penampilan luar anda menjadi tampak lebih menarik. Namun disisi lain, penggunaan bedak bisa membuat pori-pori kulit tertutup sehingga akan beresiko mengalami berbagai gangguan kesehatan wajah, termasuk jerawat dan komedo.
  • Bersihkan wajah dengan sabun khusus muka. Menggunakan sabun khusus wajah yang memiliki pH seimbang sangat penting bagi kesehatan wajah anda. Sabun akan menyerap minyak berlebih serta mengangkat kotoran sehingga akan mencegah penumpukan kotoran pada permukaan kulit yang bisa memicu komedo.
  • Konsumsi cukup air dan sayuran. Mungkin terdengar sangat sepele, namun konsumsi air yang cukup akan mencegah kulit dari kekeringan sehingga dapat mencegah produksi minyak berlebihan yang bisa memicu komedo pada hidung.

8 Cara Alami Menghilangkan Komedo Pada Hidung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik