Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

4 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Secara Alami

Memiliki rambut yang sehat dan terawat merupakan keinginan hampir semua orang. Sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana cara untuk mendapatkan rambut yang mereka impikan tersebut. Sehingga, tidak jarang banyak orang terpengaruh oleh iklan-iklan produk kesehatan rambut di berbagai media. Tidak ada yang salah memang, baik produk sintetis maupun alami, masing-masing berfungsi sama yakni membantu menjaga kesehatan rambut secara efektif.

merawat rambut

Satu-satunya perbedaan antara bahan sintetis dan bahan herbal hanyalah adanya efek samping yang sering ditimbulkan. Secara umum, produk sintetis yang dibuat melalui proses kimia atau pabrikasi tentu kemungkinan memiliki efek samping lebih besar, dibandingkan produk-produk yang secara keseluruhan diproses secara alami.

Bahan Alami Untuk Merawat Rambut


Penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bahan herbal alami yang memiliki manfaat dan khasiat sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut dan jaringan sel kulit kepala. Bahan alami tersebut antara lain; minyak kemiri, air santan, madu lebah, lidah buaya, minyak zaitun dan minyak kelapa. Bahan-bahan tersebut pasti sangat tidak asing, bukan? Anda pun bisa menjumpainya di berbagai toko sembako, apotek, kebun tanaman hias, dan lain sebagainya. Nah, hal yang perlu kita pelajari adalah bagaimana bahan-bahan tersebut dapat menjadi resep olahan produk herbal untuk perawatan rambut.

Berikut adalah 4 tips merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan yang alami.

  1. Minyak Kemiri
    Tips yang pertama adalah dengan menggunakan ekstrak minyak alami yang dihasilkan oleh biji kemiri. Minyak kemiri sendiri bisa didapat dengan cara merebus biji kemiri yang sudah dihaluskan. Biji kemiri yang sudah direbus tadi akan mengeluarkan minyak berwarna kuning yang akan mengapung diatas permukaan air. Dari minyak kemiri tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk memoles seluruh bagian rambut beserta kulit kepala agar nutrisi yang terkandung dalam minyak kemiri meresap ke dalam jaringan sel kulit kepala dan rambut.

  2. Air Santan
    Apabila tidak ingin repot dengan proses pengeluaran minyak pada kemiri, Anda bisa memanfaatkan santan kelapa sebagai alternatifnya. Cara menggunakannya yaitu dengan melumuri seluruh bagian kepala (rambut hingga kulit kepala) dengan santan tersebut, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan kondisioner sebanyak 3 kali bilasan. Tips merawat rambut agar tetap sehat yang satu ini merupakan alternatif paling praktis dari semua bahan yang ada.

  3. Madu Lebah Murni
    Madu memang merupakan bahan alam yang sangat spesial karena sejuta khasiat yang dikangnya. Cara menggunakannya yaitu mencampurkan madu dengan air bersih (perbandingan 1:1) agar madu bisa lebih cair atau encer. Kemudian, lumurkan ke seluruh permukaan kulit kepala hingga membasahi seluruh bagian rambut. Akan lebih maksimal lagi apabila madu dicampur dengan sedikit perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan selama 30-60 menit agar ekstrak madu terserap kedalam kulit. Terakhir, bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

  4. Lidah Buaya, Minyak Kelapa, dan Minyak Zaitun
    Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa ketiga bahan ini memang sudah sejak lama dikenal memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Lidah buaya, minyak kelapa, dan munyak zaitun masing-masing memiliki kandungan vitamin serta protein nabati yang bermanfaat untuk menghindarkan rambut dari berbagai gangguan kesehatan, terutama masalah rambut rontok. Kunci utama dari pemanfaatan ekstrak dari semua bahan herbal tersebut adalah kedisiplinan dalam menggunakannya. Semakin teratur, maka semakin maksimal hasil yang didapat.

4 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik