Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Penyebab Timbulnya Jerawat

Siapa sih yang belum pernah mengalami jerawatan? Jerawat bisa dibilang merupakan salah satu masalah yang cukup menjengkelkan terutama bagi kaum remaja. Timbulnya jerawat dalam jumlah banyak, apalagi di daerah muka tentu akan sangat mengganggu penampilan kita sehingga tak jarang akan membuat kita tidak percaya diri.

Jerawat memang bukanlah jenis penyakit yang berbahaya, tapi nyatanya banyak orang yang rela merogoh kocek mereka dalam-dalam hanya untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Sebenarnya jika kita mengetahui dan memahami betul faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, kita bisa mencegah datangnya penyakit kulit ini sehingga kita tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat atau perawatan jerawat.

penyebab jerawat

Apa Itu Jerawat?


Jerawat pada dasarnya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit sehingga akan menyebabkan infeksi dan radang pada kelenjar minyak yang menimbulkan kantung nanah pada kulit kita. Propionibacterium acnes adalah salah satu jenis bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Bakteri ini mampu mengubah lemak dari bentuk cair ke bentuk padat sehingga pori-pori kulit akan tersumbat. Tersumbatnya pori-pori kulit ini akan menyebabkan radang pada kulit. Radang inilah yang kita disebut sebagai jerawat.

Berbagai Faktor Penyebab Jerawat


Berikut akan sedikit saya sampaikan beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah untuk mencegah masalah kulit yang sangat menjengkelkan ini.

  • Produksi hormon yang tidak seimbang terutama pada remaja akan menyebabkan sekresi yang berlebihan pada kelenjar minyak. Pada akhirnya kulit akan menghasilkan minyak yang berlebihan dan timbullah jerawat.
  • Sel kulit mati yang tidak dibersihkan adalah faktor lain yang menyebabkan timbulnya jerawat. Sel kulit mati yang sudah menumpuk ini lalu akan membentuk komedo. Jika terkontaminasi bakteri Propionibacterium acnes, komedo akan meradang dan timbullah jerawat.
  • Faktor genetik, jerawat memang bukanlah penyakit turunan. Namun penelitian menunjukkan jika anak dari orang tua yang berjerawat mempunyai peluang yang lebih besar untuk berjerawat daripada anak-anak dari orang tua yang tidak berjerawat.
  • Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau yang mengandung bahan-bahan kimia tertentu kadang mempunyai efek samping membuat kulit menjadi kering. Untuk mengimbangi kulit yang kering tersebut, maka minyak akan diproduksi secara besar-besaran sehingga jerawat akan muncul. Selain itu, kosmetik atau pembersih muka yang tidak sesuai dengan ph kulit bisa menyebabkan iritasi.
  • Stres, hampir sama dengan yang nomer satu, kulit akan memproduksi minyak secara besar-besaran saat seorang stress.
Dari uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa jerawat dapat kita cegah dengan cara menjaga kebersihan, memakai kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit, serta menghindarkan pikiran dari stress. Sepertinya cukup sampai disini saja pembahasan kita mengenai penyebab timbulnya jerawat kali ini. Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan tulis saja di kolom komentar. Terimakasih...

Penyebab Timbulnya Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik