5 Cara Menghilangkan Daki di Kulit

membersihkan dakiSiapa yang tidak pernah punya daki. Daki/bolot/kethak/dangkal adalah kotoran berwarna kehitaman yang menempel pada kulit terutama pada bagian-bagian lipatan yang tersembunyi seperti siku, leher, belakang telinga, ketiak, atau betis.

Mungkin banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan masalah kulit yang satu ini. Tapi jangan salah, daki yang sudah membandel karena tidak pernah dibersihkan akan menjadi semakin menumpuk dan sulit untuk dihilangkan. Akibatnya, kulit akan menjadi hitam kusam bahkan daki yang sudah terlalu banyak bisa saja menutup pori-pori kulit sehingga kulit akan sulit bernapas. Namun bagaimanapun juga, kita tidak akan pernah bisa menghindari daki karena daki adalah salah satu hasil regenerasi kulit yaitu sel kulit mati yang kemudian bercampur dengan keringat dan debu dari luar sehingga menjadi kehitaman.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi atau minimal mengurangi kotoran hitam di kulit ini? Salah satu cara paling simpel untuk menghilangkan daki adalah dengan mandi dua kali sehari secara teratur. Dan saya yakin bahwa semua orang pasti telah melakukan hal ini (kecuali bagi yang belum). Lalu adakah cara lain yang lebih ampuh untuk melenyapkan masalah kulit yang membandel ini? Tentu saja ada, berikut adalah 5 cara alami untuk menghilangkan daki di kulit yang saya ambil dari beberapa sumber.

1. Gunakan Scrub Mandi

Seperti yang sudah saya katakan diatas, mandi dua kali sehari saja belum cukup untuk menghilangkan daki yang membandel di kulit. Lebih dari itu, anda bisa menggunakan body scrub yang bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran lain yang menempel pada kulit. Selain bisa menyelesaikan masalah daki anda, body scrub ini juga bisa membuat kulit lebih halus dan wangi. Atau kalau mau murah, anda bisa menggunakan garam dan gula yang dicampur dengan sabun cair untuk menggosok tubuh anda.

2. Gunakan Lulur Kopi

Cara menghilangkan daki dengan cara luluran kopi ini termasuk mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu menyeduh beberapa sendok kopi dengan air hangat, lalu gosokkan lulur kopi yang masih hangat tadi ke bagian tubuh yang banyak dakinya, setelah itu diamkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Insya Allah jika dilakukan secara teratur minimal seminggu sekali, anda akan bisa melihat hasilnya.

3. Gunakan Camburan Beras dan Jeruk Nipis

Seperi cara diatas, kali ini anda hanya perlu mencampurkan tumbukan beras yang sebelumnya telah disangrai (digoreng tanpa minyak) dengan sedikit minyak zaitun dan air perasan jeruk nipis. Setelah selesai, silahkan gunakan ramuan ini untuk luluran sambil sedikit mengurut kulit.

4. Gunakan Batu Apung

Setelah selesai mandi usahakan selalu menggosok kulit yang masih dalam keadaan basah dengan menggunakan batu apung atau penyikat badan yang biasa dijual di supermarket. Dengan cara yang murah meriah ini, kotoran di kulit akan langsung rontok tanpa sisa. Namun yang perlu diingat, jangan sampai menggosok badan dalam keadaan kering karena kulit akan lecet dan luka-luka.

5. Jagalah Kebersihan

Mungkin ini adalah cara yang paling penting dari cara-cara menghilangkan daki diatas. Seperti yang kita tahu bahwa daki timbul karena adanya kotoran di kulit. Untuk itu jagalah tubuh agar tetap bersih, sering-seringlah mencuci muka, mandi dua kali sehari, sukur-sukur kalau rajin wudhu, kalau yang punya uang banyak silahkan rajin-rajin luluran dan SPA. Selain itu, penggunaan pemutih kulit terutama yang mengandung hidrogen peroksida dalam jumlah yang ideal, pelembab kulit (lotion), dan penggunaan tabir surya terutama di daerah-daerah yang sering terkena sinar matahari akan sangat membantu menangkal masuknya kotoran dari luar ke kulit.

Sekian dulu postingan mengenai cara menghilangkan daki kali ini, jika ada yang mau mengkoreksi atau mau menambahkan tips-tips lain, silahkan sampaikan di kotak komentar. Intinya jagalah terus kebersihan kulit dan rajin-rajinlah membersihkan daki, karena daki tidak mungkin bisa kita hindari karena setiap hari selalu diproduksi oleh tubuh kita.