Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Contoh Paragraf Induktif

Jika kemarin kita sudah membahas mengenai paragraf deduktif, maka sekarang kita akan membahas mengenai paragraf induktif. Paragraf induktif disebut juga paragraf khusus-umum, yaitu paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus tersebut.

Atau agar lebih mudah diingat, paragraf induktif adalah paragraf yang mempunyai kalimat utama di akhir paragraf.

Dan berikut adalah beberapa contoh paragraf induktif.

Contoh 1

Pada era kita sekarang ini, teknologi seakan terus berkembang semakin cepat. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi mutlak diperlukanagar kita tidak tertinggal di era global ini.

Keterangan: Paragraf utama terletak di akhir paragraf.

Contoh 2

Setiap orang tua tentu berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Itulah mengapa banyak orang tua yang berbondong-bondong mengirimkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit dengan harapan agar nantinya sang anak dapat bersaing di dunia kerja yang semakin keras. Pendidikan yang tepat bagi anak sebenarnya tidak harus sealu dengan mengirimkan mereka ke sekolah faforit, melainkan dengan cara mengarahkan sang anak sesuai minat dan bakat mereka. Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan sang anak.
Keterangan: Paragraf utama terletak di akhir paragraf.

Contoh 3

Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Keterangan: Paragraf utama terletak di akhir paragraf.

Itulah tadi beberapa contoh paragraf induktif. Jadi intinya, paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown