Daftar Peserta UKG Online 2012

Uji Kompetensi Guru (UKG) adalah salah satu program pemerintah yang dilaksanakan guna memetakan kualitas dan daya kompetensi guru sebagai dasar pembinaan guru bersertifikasi agar bekerja lebih profesional. UKG ini akan diikuti oleh sekitar satu juta guru dari seluruh jenjang pendidikan formal mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA dan akan dilaksanakan secara bertahap mulai Juli sampai September 2012.

Sekedar informasi tambahan, pelaksanaan UKG 2012 akan dilakukan melalui dua cara yaitu melalui sistem online dan secara offline (paper pencil test). Ujian secara online akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli – 12 Agustus 2012, sedangkan ujian secara offline akan dilaksanakan pada tanggal 4 September 2012.

Berhubung hari ini ada banyak sekali yang mencari informasi tentang daftar peserta UKG 2012 yang pelaksanaannya tinggal sebentar lagi, maka kali ini saya akan menuliskan tentang petunjuk melihat daftar peserta UKG di website resmi Kemendikbud (http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/). Berikut adalah langkaah-langkahnya:

  1. Buka alamat website http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id di internet browser anda.
  2. Cari tombol daftar peserta UKG, lalu klik.
  3. Jika anda ingin mengecek nama anda, silahkan ketik nomor NUPTK di kotak pencarian yang terdapat di halaman daftar peserta.
  4. Klik tombol pencarian, maka nama anda dan berbagai informasi lainnya akan muncul disitu.
Mungkin sekian dulu postingan tentang Daftar Peserta Uji Kompetensi Guru 2012 kali ini. Jika ada yang ingin menambahkan, saya persilahkan untuk disampaikan di kotak komentar. Terima kasih.

UPDATE 25/07/2012

Jika anda mencoba mengakses website resmi UKG Kemdikbud di http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id, anda mungkin hanya akan menemukan halaman kosong yang berisi informasi bahwa web tersebut sedang dalam perbaikan.

website ukg

Saya sendiri juga tidak terlalu mengerti apa penyebab masalah tersebut, mungkin server website terlalu sibuk karena banyaknya orang yang mengakses situs tersebut. Mungkin anda harus bersabar terkait masalah ini, karena saya yakin bahwa seluruh guru di Indonesia pasti juga kecewa terkait tidak bisa diaksesnya situs resmi UKG ini. Semoga saja masalah ini tak berlangsung lama dan website http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id bisa segera diperbaiki. Sambil menunggu situs web Kemdikbud diperbaiki, tak ada salahnya kita melihat Contoh Soal dan Kisi-Kisi UKG 2012 untuk semua mata pelajaran agar anda menjadi lebih siap saat melaksanakan Uji Kompetensi Guru 2012 nanti.