Contoh Pidato Bertema Pendidikan

Kemarin saya baru saja mendapat tugas untuk membuat naskah pidato bertema pendidikan dari guru Bahasa Indonesia. Daripada naskah pidatonya saya simpan sendiri, maka kali ini akan saya posting disini siapa tahu banyak yang membutuhkan. Selamat membaca.
Secara garis besar, suatu teks pidato terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka dapat berisi salam, sapaan, serta ucapan syukur. Bagian isi tentu saja berupa materi yang akan disampaikan kepada pembaca. Bagian penutup pidato dapat berupa simpulan, anjuran, ucapan maaf bila ada kesalahan, serta salam penutup.

Selain bagian-bagian pidato, hal lain yang perlu diperhatikan dari pidato adalah metode dalam menampilkan pidato. Paling tidak ada empat macam metode pidato, yaitu metode impromtu, menghafal, naskah, serta metode ekstemporan. Metode impromtu adalah pidato yang dilakukan secara spontan tanpa melakukan persiapan sebelumnya. Metode menghafal adalah pidato dangan menyiapkan naskah pidato yang telah dihafalkan sebelumnya. Metode naskah adalah pidato dengan cara membaca naskah pidato yang telah ditulis sebelumnya. Sedangkan metode ekstemporan adalah pidato tanpa mempersiapkan naskah tapi mencatat hal-hal penting dan urutan-urutan pidatonya saja.

Berikut adalah contoh pidato yang berjudul "Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi":

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Bapak ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya banggakan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Hadirin yang berbahagia, di zaman globalisasi sekarang ini kita seakan semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Meskipun kita mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita, namun kemudahan-kemudahan itulah yang kadang justru membawa dampak buruk bagi kita.

Marilah sejenak kita melihat kehidupan disekitar kita yang semakin terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Saya beri contoh saja internet, teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun baik tua ataupun muda. Jika kita mau berpikir lebih terbuka, sebenarnya ada sejuta manfaat yang bisa kita peroleh dari internet. Contohnya saja kita bisa mendapatkan banyak informasi, komunikasi yang semakin mudah, bahkan telah banyak orang yang menjadi kaya karena internet. Namun sayangnya banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi internet ini, contohnya saja semakin maraknya pornografi, penipuan, pembajakan, dan masih banyak lagi.

Internet juga menjadi salah satu gerbang masuknya budaya-budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. Kita bisa lihat generasi muda kita yang sudah semakin teracuni oleh budaya barat yang sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia sebagai negeri timur yang sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Kita bisa lihat pemuda-pemuda kita yang sepertinya sangat bangga mengenakan pakaian-pakaian yang serba minim yang sebenarnya tidak sopan menurut budaya kita.

Oleh karena itu, hadirin yang saya hormati, kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapat di era globalisasi sekarang ini. Budaya asing sebenarnya tak semuanya buruk, namun kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas perhatian hadirin. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin.

Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Silahkan anda copy-paste naskah pidato di atas jika memang bermanfaat, tapi pesan saya, mohon jangan dijiplak secara mentah-mentah. Jadikan naskah pidato bertema pendidikan ini sebagai contoh saja, untuk selebihnya silahkan buat sendiri yang lebih bagus dari ini.