Gudang informasi pendidikan dan kesehatan

Pengertian Organisasi

Secara sederhana, pengertian organisasi adalah suatu kumpulan manusia terdiri dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi memberi batasan organisasi adalah system kerja sama antara dua orang atau lebih yang secara sadar dimaksudkan untuk mencapai tujuan.Dari dua batasan tesebut ada tiga hal yang patut dicatat sebagai unsur organisasi yaitu orang-orang yang bergabung,pola kegiatan yang diatur,dan tujuan bersama yang disepakati.

Organisasi dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Organisasi Formal

Yaitu bila tujuannya dinyatakan secara tertulis berdasarkan peraturan atau hukum yang berlaku menetapkan pola hokum yang berlaku dengan menekankan pada koordinasi dan kewenangan .Termasuk golongan ini adalah;perusahaan,sekolah,gereja,lembaga kemasyarakatan,organisasi politik dan masa.

2. Organisasi Sosial

Yaitu organisasi yang dibentuk berdasarkan tujuan yang tidak dinyatakan secara formal tetapi secara implicit dengan pola kerja yang longgar dan bahkan tidak ada kewenangan yang herarkhis . Termasuk golongan ini adalah: sekumpulan para sahabat untuk mengisi waktu luang,kumpulan suatu lulusan atau alumni.

3. Organisasi Informal

Yaitu organisasi yang dibentuk secara spontan dan didorong oleh kebutuhan akan pergaulan,persahabatan,rekreasi.

Dan berikut adalah definisi/pengertian organisasi menurut para ahli.

James D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose” atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.

Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”

Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Organisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iwak Pithik