Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

pertumbuhan, perkembangan
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang serupa tapi tak sama yang terjadi pada makhluk hidup. Kedua proses ini saling terkait dan terjadi secara bersamaan pada seluruh makhluk hidup baik itu manusia, hewan ataupun tumbuhan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak baik-baik uraian di bawah ini.



A. Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan (growth) adalah suatu proses bertambahnya ukuran makhluk hidup yang bersifat kuantitatif (dapat dihitung). Proses pertumbuhan dapat dilihat dari bertambahnya tinggi, berat, dan volume tubuh makhluk hidup. Pertambahan-pertambahan ukuran tersebut juga menandai adanya pertambahan jumlah sel dan jaringan tubuh pada makhluk hidup tersebut.

Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat berlangsung secara permanen, misalnya pada pertambahan tinggi yang hanya bisa bertambah dan tak bisa kembali di keadaan awal lagi. Namun pertumbuhan dapat juga berlangsung secara non-permanen misalnya pada perubahan berat yang bisa naik turun.

Contoh pertumbuhan:

1. Bertambahnya tinggi tumbuhan kecambah.
2. Bertambahnya berat badan.

B. Pengertian Perkembangan

Perkembangan (development) adalah proses bertambahnya fungsi dari organ makhluk hidup menjadi lebih kompleks. Atau dengan kata lain, perkembangan adalah proses makhluk hidup menjadi dewasa. Perkembangan ini bersifat kualitatif (tidak dapat dihitung) dan ditandai dengan semakin matangnya sel-sel pada makhluk hidup.

Contoh perkembangan:

1. Perkembangan emosi, cara berpikir, dan tingkah laku manusia seiring bertambahnya usia.
2. Berfungsinya alat-alat reproduksi pada makhluk hidup saat dewasa.

C. Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Dari sedikit uraian mengenai pengertian pertumbuhan dan perkembangan diatas. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa pertumbuhan bersifat kuantitatif, sementara itu perkembangan bersifat kualitatif.